Nalar.ID

10 Film Pendek Ini Diputar Perdana di Jogja NETPAC Film Festival ke-16

Jakarta, Nalar.ID – Kemendikbud Ristek, tahun ini menggelar Kompetisi Produksi (Kompro) Film Pendek 2021 yang dibuka sejak April 2021. Sebuah kompetisi proposal ide cerita film yang bertemakan Dinamika Kebudayaan.

Tema ini diangkat sebagai upaya pelestarian nilai-nilai budaya dan kearifan lokal melalui film. 10 Proposal film terpilih mendapat pendukungan dana produksi, workshop perfilman, mentoring dari filmmaker profesional.

Jumlah peserta mencapai 352 proposal dari 30 provinsi dari seluruh Indonesia. Tentu, capaian angka ini indikasi tumbuhnya bibit-bibit baru filmmaker di seluruh Indonesia. Hal ini sejalan dengan tujuan Kompro 2021, yaitu memberi peluang dan meningkatkan kreatifitas sineas muda sekaligus sebagai bentuk kepedulian pemerintah bagi produktitas komunitas perfilman ditengah situasi pandemi yang masih berlangsung hingga saat ini.

Proses seleksi dan penjurian telah dilaksanakan pada Juli 2021, oleh tim kurasi dan tim juri yang terdiri dari profesional di bidang perfilman antara lain Ifa Isfansyah (Produser/Sutradara), dan Rahabi Mandra (Sutradara/Penulis Naskah). Kemudian, Rina Damayanti (Produser), Titien Watimena (Penulis Naskah), serta (Alm) Gunawan Maryanto (Aktor/Penulis Naskah).

Sebanyak 10 proposal saat ini telah menyelesaikan produksi karya mereka. Diharapkan karya-karya ini nantinya dapat menembus berbagai festival film baik nasional maupun internasional. Dalam proses pengembangan kreatifnya dimentori oleh profesional dibidang perfilman.

Jogja Netpac Film Festival ke-16 atau JAFF akan menjadi festival international pertama sekaligus ajang Gala Premier 10 karya film Kompro 2021. Dalam festival nanti, 10 karya ini akan diputar dalam program khusus LAYAR INDONESIANA, yang merupakan pemutaran karya-karya film pendek terbaik hasil program Kompetisi Produksi Film Pendek Direktorat Perfilman, Musik, dan Media.

Ifa Isfansyah, tim kurator yang sekaligus Direktur Jogja Netpac Film Festival mengatakan, film-film hasil kegiatan Kompro 2021 ini telah mengikuti proses seleksi. Baik untuk kategori kompetisi film film atau non-kompetisi pada JAFF 2021 akhir November 2021. 

Penulis: Veronica Dila | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi