Nalar.ID

10 Lawyer Batak Populer, Satu Diantaranya Batak Termuda

Nalar.ID, Jakarta – Profesi pengacara atau lawyer tidak asing lagi bagi kalangan orang Batak. Sebab, kerap sering muncul di layar kaca. Terlebih, sering memenangkan kasus hukum.

Senioritas kaum pengacara, biasanya diukur dari prestasi dalam memenangkan kasus, sehingga menjadi tolak ukur masyarakat memilih kuasa hukum.

Nalar.ID merangkum daftar 10 pengacara orang Batak paling terkemuka di Tanah Air, dari sejumlah sumber:

1. Adnan Buyung Nasution

Ia lahir pada 20 Juli 1934. Selain pengacara, ia juga aktivis indonesia. Lembaga Bantuan Hukum (LBH) ia dirikan pada 2007 – 2009. Buyung pernah dilantik menjadi anggota dewan pertimbangan presiden bagian hukum.

2. Pitra Romadoni Nasution

Pria ini lahir pada 27 Oktober tahun 1990. Ia pengacara ternama Indonesia berdarah Batak Mandailing. Dikenal dengan pengacara muda kontroversial. Beberapa kasus kontroversial pernah ia tangani. Mulai dari sebagai kuasa hukum Kivlan Zen dalam dugaan kasus kepemilikan senjata api tahun 2019, yang menggemparkan dunia perpolitikan indonesia.
Ia juga pernah menangani kasus kepailitan Grand Royal Panghegar Hotel pada 2017 yang berujung pada perdamaian. Serta banyak lagi kasus lain yang pernah ia tangani.

3. Albert Hasibuan

Lahir pada 25 Maret 1939. Ia Advokat Senior Praktisi Hukum dan dosen. Ia pernah dipilih oleh Presiden SBY sebagai Dewan Pertimbangan Presiden bidang hukum dan ketatanegaraan.

4. Otto Hasibuan

Otto dikenal karena menjadi salah satu anggota tim kuasa hukum Jessica Kumala Wongso yang didakwa melakukan pembunuhan terhadap Mirna yang dikenal dengan kopi beracun sianida pada 2016 Ia juga dikenal karena menjadi salah satu kuasa kasus dugaan korupsi e-ktp Ketua DPR RI Setya Novanto pada 2017. Tahun 2020, Otto menjadi kuasa hukum Djoko Tjandra. Selain aktif berorganisasi dan sebagai pengacara dengan mendirikan Firma hukum Otto Hasibuan dan asosiasi, Otto juga menjadi dosen di sejumlah perguruan tinggi.

6. Todung Mulya Lubis

Lahir pada 4 Juli tahun 1949. Ia mendirikan The Law office of Mulya Lubis and Partners pada tahun 1991. Kemudian lebih dikenal dengan nama Lubis Santosa Maulana law office. Ia adalah anggota ikatan pengacara Indonesia himpunan konsultan hukum pasar modal dan internasional bar association, selain pengajar di sejumlah perguruan tinggi di Indonesia.

7. Juan Felix Tampubolon

Salah satu kuasa hukum keluarga mantan Presiden Soeharto. Lulusan Universitas Jayabaya Fakultas Hukum.

8. Hotma Sitompul

Kelahiran Jakarta pada 1965. Menyelesaikan pendidikan di Universitas Gadjah Mada. Pernah bekerja jadi staf di LBH Jakarta di bawah pimpinan Dr. Adnan Buyung Nasution tahun 1977-1980. Pendiri Yayasan LBH Mawar Saron pada 2002 ini didirikan untuk membantu mereka yang miskin, lemah dan buta hukum untuk mendapat keadilan.

9. Luhut Pangaribuan

Pria kelahiran Toba Samosir 24 Mei tahun 1956 ini menggondol gelar Sarjana Hukum Universitas Indonesia. Lulus dari UI tahun 1981, memantapkan karirnya sebagai advokat walau awalnya ingin menjadi hakim sejak memutuskan menjadi advokat, ia menjadi Dosen Hukum Pidana di UI dan beberapa kampus lain selain sebagai praktisi dan akademisi. Puncaknya ia menjadi Ketua Umum Perhimpunan Advokat Indonesia tahun 2015-2020.

10. Hotman Paris Hutapea

Lahir di Laguboti pada 20 Oktober tahun 1959. Pengacara Indonesia yang terkenal dengan Gayanya yang Flamboyan dan gaya hidup mewah, ia banyak menangani kasus selebritis.

Penulis: Febriansyah | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi