Nalar.ID

11 Fakta Legenda Marvel Comics Semasa Hidup

Jakarta, Nalar. IDPenggemar komik Marvel dan dunia perfilman, berduka. Stanley Martin Lieber atau Stan Lee, meninggal di usia 95 tahun, Senin (12/11), waktu Amerika Serikat (AS).

Pria yang menghidupkan beberapa karakter superhero ikonik Marvel Universe ini meninggal usai perawatan di rumah sakit Cedars-Sinai Medical Center, Los Angeles, AS.

Lee, adalah tokoh sukses yang menghidupkan dan me-revolusi komik menjadi sajian layar kaca atau sinema, hingga membantu Hollwood menciptakan miliaran uang. Ia juga pelopor yang memperkenalkan karakter komik superhero lewat film live action, hingga meraih box office dalam setiap rilisannya.

Supehero legendaris, seperti Spiderman, Hulk, dan Fantastic Four, beberapa yang diciptakan. Ia juga penulis cerita komik terkenal X-Men dan The Avengers.

Menurut CEO Walt Disney Co., Bob Iger, induk perusahaan Marvel Comics, Lee, dikenal sosok luar biasa seperti karakter yang ia ciptakan. “Dia sosok pahlawan sebenarnya untuk penggemar Marvel di seluruh dunia,” ujar Iger, seperti dikutip Mentalfloss.com.

Berikut fakta Stan Lee semasa hidup yang belum diketahui, dihimpun dari berbagai sumber.

  1. Selisih Setahun dengan Istri

Stan Lee, meninggal, satu tahun setelah istrinya, Joan Lee, tutup usia pada 7 Juli 2017. Joan, meninggal di usia 95 tahun karena stroke.

  1. Pangkas Rambut Langganan

Sang istri merangkap sebagai tukang cukurnya. Lee, menyebut, rahasia ciri rambutnya yang kerap disisir ke belakang, tertuang dalam buku riwayat hidup: Amazing Fantastic Incredible: A Marvelous Memoir, halaman 2. Ia mengatakan, seluruh hidupnya, belum pernah ke pangkas rambut kecuali dipotong oleh istri.

  1. Percaya Diri dari Ibu

Saat masih anak-anak, ia suka baca buku Sir Arthur Conan Doyle, HG Wells, Mark Twain, Jules Verne, dan lainnya. “Saya dapat kepercayaan diri karena ibu mengira semua yang saya lakukan itu brilian,” katanya.

  1. Mantan Penulis Obituari Seleb

Sebelum menulis cerita superhero, ia pernah kerja sebagai penulis obituari selebriti di kantor surat kabar di New York, AS, sebelum akhirnya keluar dari pekerjaan itu.

  1. Captain America, Terobosan Pertama

Seminggu bekerja di Timely Comics, ia berkesempatan menulis komik Captain America sebanyak dua halaman. Ia menulis nama pena ‘Stan Lee’ (yang jadi nama resmi) serta memberi judul Captain America Foils the Traitor’s Revenge. Naskah komik lengkap pertama muncul di Captain America Edisi 5, terbit 1 Agustus 1941.

  1. Pernah Kerja dengan Orang Terkenal

Setelah di transfer dari Korps Sinyal di Angkatan Darat AS di New Jersey, ia kerja sebagai penulis naskah drama di Divisi Pelatihan Film di Queens, dengan delapan orang. Mereka kemudian jadi orang besar dan terkenal. Ada pemenang Pulitzer Prize William Saroyan, kartunis Charles Addams (pencipta The Addams Family), sutradara Frank Capra (Mr. Smith Goes to Washington, 1939 dan It’s a Wonderful Life, 1946), dan Theodor Geisel, atau Dr. Seuss.

  1. Sebab Hulk Warna Hijau

Seharusnya, karakter Hulk, abu-abu. Tapi, kata Lee, printer yang dipakai mencetak bermasalah konsistensi warna. Jadi, edisi #2, tanpa alasan jelas, Hulk menjadi hijau.

  1. Tolak Larangan Menulis Tabu

Tahun 1971, ia menerima surat dari Departemen Kesehatan, Pendidikan, dan Kesejahteraan. Ia diminta menaruh pesan antinarkoba di salah satu komiknya. Ia menjawab dengan menulis komik Spider-Man, yang melibatkan sahabatnya, Harry, menyalahgunakan narkoba karena putus cinta. Comics Code Authority (CCA), tak meloloskan komik itu karena ada penyebutan kata drugs (narkoba). Lee meyakinkan penerbitnya, Martin Goodman, agar tetap menerbitkan komik itu.

  1. Kehancuran Mesin Ketik Bersejarah

Menurut Lee, saat pertengkaran, istrinya, Joan, menghancurkan mesin ketik yang digunakannya untuk menulis komik edisi pertama, termasuk Spider-Man dan The Fantastic Four.

  1. Karya Terbakar

Saat pindah ke Los Angeles, ia mendirikan studio di Van Nuys. Di sana, ia simpan kaset video isi ceramah dan wawancara, bersama patung setengah badan istri. Bangunan itu lenyap karena kebakaran. Tak ada seorang pun tertangkap dalam kasus itu.

  1. Cameo Favorit

Ia kali pertama muncul sebagai cameo di film Spider-Man pada 2002. Sejak itu, ia selalu muncul di setiap film Marvel sebagai cameo. Cameo favoritnya adalah ia muncul sepintas di Fantastic Four: Rise of the Silver Surfer (2007). Menurutnya, cameo itu terinspirasi dari cerita pernikahan Reed dan Sue Richards di Fantastic Four Annual Volume 1 #3. Dalam edisi itu, ia dan rekan sesama penulis, Jack Kirby, jadi bagian dari dunia Marvel bersama karakter superhero lain. Lee dan Kirby, berusaha menghancurkan pernikahan itu tapi berhasil digagalkan.

Penulis: Erha Randy, Ceppy F. Bachtiar | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi