Nalar.ID

18 Ton Kopi Produk UKM Subang Tembus Arab Saudi

Nalar.DI, Jakarta – Sebanyak 18 ton kopi produk pelaku usaha kecil menengah (UKM) Koperasi Gunung Luhur Berkah (GLB) dilepas ke pasar Arab Saudi pada Jumat (17/9/2021) di Subang, Jawa Barat.

Potensi transaksi ekspor kopi produk Koperasi GLB ke Arab Saudi mencapai USD 1 juta dengan volume 150 ton untuk satu tahun ke depan.

Adapun kopi yang diekspor ke Arab Saudi tersebut merupakan kopi arabika java preanger yang tumbuh di wilayah Jawa Barat dengan spesifikasi di antaranya proses alami, proses pencucian madu, dan proses pencucian penuh. Kopi-kopi tersebut memiliki cita rasa unik yang dipengaruhi oleh cara pengolahannya.

“Kemendag berkomitmen untuk mendorong UKM agar bisa ‘Go Global’ sesuai arahan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. Kami mengapresiasi eksportir Indonesia yang tetap mempertahankan ekspornya meskipun di masa pandemi. Diharapkan komoditas lain akan mengikuti keberhasilan komoditas kopi java preanger dan berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia,” ungkap Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Didi Sumedi.

Penulis: Febriansyah | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi