Nalar.ID

197 Atlet Berprestasi Buru Tes CPNS

Jakarta, Nalar.ID – Seleksi Kompetisi Dasar (SKD) untuk menjadi calon aparatur sipil negara (ASN) diikuti 197 atlet berprestasi. Para atlet ini berhasil meraih medali emas, perak, dan perunggu, dalam kejuaraan internasional. Mereka mengikuti tes CPNS (calon pegawai negeri sipil) melalui formasi atlet berprestasi.

Seperti dikutip dari situs Badan Kepegawaian Negara (BKN), Kamis (1/11), siapapun yang akan menjadi calon ASN, bisa daftar dan harus memenuni syarat. “Mereka enggak dapat clue (petunjuk) apapun dari kami. Mereka belajar sendiri,” kata Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, dalam keterangan tertulis dikutip dari situs BKN.

Seraya memberi pengarahan, Nahrawi, memastikan seluruh atlet yang sudah menjadi ASN tetap bisa melanjutkan karier sebagai pelatih, atlet, atau instruktur olahraga. “Mereka akan disalurkan ke tempat-tempat yang sesuai. Ke pemerintahan daerah atau kementerian,” lanjutnya.

Senada dengan Nahrawi, Menteri Pendayaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Syafruddin mengatakan, setelah masuk dalam ASN, mereka tetap bisa menjadi atlet olahraga. “Jadi ASN, bukan berarti pensiun (jadi atlet). Mereka bisa jadi instruktur, atlet, dan lainnya demi bangsa,” imbuhnya.

Syafruddin sempat mengungkit janji pemerintah kepada para atlet peraih medali Asian Games dan Asian Para Games 2018. Janji pemerintah, atlet yang meraih bonus, diangkat menjadi ASN.

BKN Bima Haria Wibisana berpesan, agar para atlet yang nanti lolos menjadi ASN, tetap terus menjalankan tugas sebagai pelayan masyarakat dan abdi negara dengan amanah dan baik.

Penulis: Erha Randy | Editor: Ezar Radinka

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi