Nalar.ID

2 Desa di Jatim Tercepat Tuntaskan Data SDGs

Nalar.ID, Jombang – Pemutakhiran data berbasis SDGs desa yang digaungkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dalam mengimplementasikan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat berbasis data, akan berakhir 31 Mei 2021.

Pemutakhiran data berbasis SDGs Desa ini adalah pemutakhiran data Indeks Desa Membangun (IDM) yang lebih detil dan mikro. Sehingga bisa memberi informasi lebih banyak dan sebagai proses perbaikan karena ada pendalaman data-data pada level RT, keluarga, dan warga.

Sedikitnya dua desa yang sudah menyelesaikan pemutakhiran data ini, yakni Desa Pakel dan Pulosari, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Kata Kepala Desa Pakel Sudarmaji, penyelesaian pemutakhiran data berbasis SDGs Desa tak terlepas dari peran semua pihak yang selalu mendukung penuh agar berjalan baik dan tepat waktu.

“Ini semua berkat dukungan dan kerja keras semua pihak. Terutama pihak kecamatan dan pendamping desa. Begitu pula kerja keras para relawan dan ketua RW dan RT serta pihak lainnya,” kata Sudarmaji.

Dalam pemutakhiran data di desa Pakel, terselesaikan pada 5 Mei 2021. Rincian instrumennya, yakni survei desa sudah terselesaikan. Survei RT sebanyak 30 RT, survei KK sebanyak 1.283 KK, dan survei 3.983 warga. Hal serupa diutarakan Kepala Desa Pulosari Nefi Ufus Sholikah.

Pemutakhiran data berbasis SDGs Desa telah selesai berkat dukungan berbagai pihak. Seperti kecamatan dan pendamping desa yang selalu memberi bimbingan dalam penyelesaian permasalahan.

Penulis: Febriansyah | Editor: Radinka Ezar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi