Nalar.ID

2019, Seluruh Desa di Indonesia Teraliri Listrik

Jakarta, Nalar.ID – Tahun 2019, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan terus meningkatkan rasio elektrifikasi (atau masyarakat penikmat listrik). Kementerian ESDM menargetkan angka rasio elektrifikasi hingga 99,99 persen.

Setiap tahun, rasio elektrifikasi naik. Tahun 2019, mengalami kenaikan sejak kenaikan terakhir di 2018 sebesar 98, 03 persen. Untuk mencapai target tersebut, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan (Dirjen Gatrik) Kementerian ESDM Andy Noorsaman Sommeng, akan mendorong elektrifikasi di pedesaan-pedesaan.

“Target kami, 2019, rasio elektrifikasi di pedesaan bisa menyentuh 100 persen,” kata Sommeng, pada paparan kinerja di kantor Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan (Ditjen Gatrik), di Jakarta, Jakarta, Jumat (11/1).

Sommeng menyebut, untuk wilayah-wilayah yang belum teraliri listrik ada di Nusa Tenggara Barat (NTB). Bahkan, ketimbang di Papua, rasio elektrifikasi di NTB sangat rendah.

Pihaknya menjelaskan, ada sejumlah alasan rendahnya rasio elektrifikasi di NTB. “Salah satunya struktur tanah di sana keras. Sulit memasang tiang listrik. (akibat sulitnya struktur tanah) banyak vendor kabur. Akhirnya pekerjaan terlantar. Di sana, menegakkan satu tiang saja setengah mati. Tanah sangat keras,” ujarnya.

Sementara, untuk Papua, ia optimistis rasio kelistrikan bisa terus tumbuh. Terlebih, adanya progres jalan Trans Papua yang kian membaik.

Penulis: Erha Randy, Ceppy F. Bachtiar | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi