Nalar.ID

2020, Indonesia Nikmati Internet Cepat

Jakarta, Nalar.ID – Proyek pembangunan Palapa Ring atau fiber optik kabel, hampir rampung 100 persen. Palapa Ring Barat telah selesai 100 persen, panjang fiber optik 2.995 kilometer (km).

Sementara, Palapa Ring tengah, mencapai 99 persen, dengan panjang 2.995 km. Lalu, fiber optik di Timur sedikit tertinggal, dengan capaian 80 persen atau 6.878 km.

Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi, Anang Latif, menyebut, pembangunan di daerah timur molor karena kondisi ekstrem geografis. Khususnya di Papua, dengan kondisi medan begitu sulit. Ia menambahkan, Palapa Ring internet bagian tengah, 1 persen lagi. Rencananya, selesai Desember 2018.

“Untuk mewujudkan Indonesia Merdeka Sinyal pada 2020, pemerintah tak hanya membangun proyek Palapa Ring, tapi mendirikan base transceiver station (BTS) di sejumlah pelosok di Indonesia. Sama dengan Palapa Ring, (pembangunan) BTS di daerah juga terhalang medan berat,” kata Anang, di kantornya, Gedung Merdeka, Jakarta, Kamis (29/11).

Sulitnya proses pembangunan memang tak mudah. Sulitnya mendesain jaringan, kata Anang, ibarat prinsip lampu. “Ketika di sini akan coba menyinari semua, tapi enggak semua titik tersinari. Karena terhalang gunung dan bangunan,” ungkap Anang.

Sekadar informasi, pembangunan Palapa Ring dan BTS, adalah wujud pemerintah untuk membangun daerah pinggiran serta menghilangkan kesenjangan digital. Proyek Palapa Ring menyediakan kabel fiber optik. Ini memungkinkan ketersediaan akses internet yang bisa menjangkau Indonesia wilayah bagian Barat, Tengah dan Timur.

Proyek ini didukung Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), melalui BP3TI. Kini dinamakan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan informatika (BAKTI).

“Target proyek ini selesai di 2019. Dengan kecepatan internet cukup tinggi, yakni 10 Mbps di wilayah pedesaan, dan 20 Mbps di perkotaan,” ucapnya.

Penulis: Ceppy F. Bachtiar | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi