Nalar.ID

3 Potensi Bisnis Lahirkan Unicorn

Nalar.ID – Prediksi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, bakal ada tiga sektor bisnis yang menghasilkan perusahaan rintisan (startup) berstatus unicorn dengan nilai valuasi 1 miliar dolar AS.

Apa saja? Berikut keterangan kepada Nalar.ID, Selasa (26/2) lalu.

Kesehatan
Alodokter, Dokter.id, hingga HaloDoc, adalah nama-nama layanan kesehatan berbasis digital. Layanan ini menawarkan konsultasi daring dengan dokter. Atau disebut: health tech.

Informasi dari Rudi, APBN di sektor kesehatan mencapai Rp123,1 triliun. Lima persen APBN kita adalah belanja kesehatan,” ungkapnya.

Gaya Hidup

Perusahaan startup ini, diantaranya pada bidang pemesanan konser, menjual aneka produk fesyen, penjualan tiket, leisure, penginapan, hingga travel, dan lainnya. Ia meyakini, sektor ini bisa menjadi unicorn. “Apalagi anak-anak muda peminatnya banyak,” tukasnya.

Pendidikan
Kata Menteri Rudiantara, aplikasi seperti Extramarks dan RuangGuru bisa menjadi pilihan untuk pendidikan digital. Terlebih, tren pendidikan berbasis teknologi yang digandrungi siswa yang butuh pendidikan tambahan di luar pendidikan formal.

Ia menyebut ini edutech (education technology). “Belanja APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) kita hampir Rp500 triliun,” ujar Rudi.

Penulis: Erha Randy | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi