Nalar.ID

39 Finalis Puteri Indonesia 2019 dan Keragaman Satu Indonesia

Nalar.ID – Tahun ini, Yayasan Puteri Indonesia (YPI) didukung penuh oleh Mustika Ratu, kembali menggelar ajang tahunan Pemilihan Puteri Indonesia ke 23.

Ajang ini mengusung tema ‘Satu Indonesia’. Artinya, menggambarkan persatuan bangsa besar dengan keragaman terbentang luas. Ajang ini bertujuan mempererat persatuan dan persaudaraan remaja Indonesia dan warga negara Indonesia untuk menciptakan persatuan, perdamaian, pembangunan bangsa, dan kesejahteraan.

Pemilihan ini mengangkat kekayaan alam dan budaya Nusa Tenggara Barat yang eksotis akan keindahan dan kekayaan alam serta budayanya.

Finalis Puteri Indonesia 2019, diwakili dari 34 provinsi. Sebanyak 39 finalis berasal dari beragam profesi. Mulai dari dokter, model, mahasiswi, presenter, pengusaha, pramugari, hingga karyawati. Mereka berasal dari 34 provinsi dan siap berkompetisi memperebutkan mahkota borobudur persembahan dari Hartono Wira Tanik (HWT).

Ketua Dewan Pembina YPI, Putri Kus Wardani, mengatakan bahwa tema ini diusung untuk menumbuhkan semangat persatuan dan perdamaian. Agar berperan positif dan kreatif menumbuhkan potensi Indonesia.

“Kami ingin mendorong para remaja puteri Indonesia untuk mengembangkan potensi mereka dan kecintaan pada negeri dengan cara positif. Para finalis (YPI 2019) ini punya berbagai kreativitas dan potensi beragam,” kata Putri, dalam keterangan media, Rabu (27/2).

Dalam karantina, 39 finalis mengikuti beragam kegiatan. Ada beauty class dan product knowledge bersama Mustika Ratu, koreografi, pembekalan dari Dr.Cri Puspa Dewi Motik Pramono, pembekalan etika berbusana dan table manner.

Lalu, pembekalan dari Badan Narkotika Nasional, Korupsi Pemberantasan Korupsi, Kementerian Pemuda dan Olahraga, audiensi bersama Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN), hingga pembekalan dari Menteri Pariwasata.

Termasuk paparan advokasi finalis dan kegiatan sosial dengan mengunjungi Yayasan Jeera di Rumah Tahanan Kelas 1 Cipinang.

Para finalis juga menjalani sesi psikotes oleh psikolog Poppy Amalya. Seperti parameter penilaian dalam pemilihan ini dalam kriteria 3B, yakni brain (kecerdasan), beauty (penampilan menarik), dan behavior (perilaku baik).

Tak hanya itu. Para finalis juga akan memeragakan busana karya desainer anak negeri dalam fashion show Indonesia berbasis budaya. Seperti kerjasama dengan KADIN industri tradisional berbasis budaya. Dilanjutkan peragaan busana kostum nasional (national costums), dan malam seni dan budaya pada 4 Maret 2019 di Mall Gandaria City, Jakarta.

Malam puncak grand final pemilihan Puteri Indonesia 2019 digelar Jumat, 8 Maret mendatang di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, Jakarta. Acara disiarkan langsung di SCTV.

Nantinya, kata Putri, ada beberapa gelar yang disiapkan di malam grand final. Antara lain, Puteri Indonesia 2019, Puteri Indonesia Lingkungan 2019, Puteri Indonesia Pariwisata 2019, Puteri Indonesia Persahabatan 2019, Puteri Indonesia Berbakat 2019, Puteri Indonesia Intelegensi 2019, dan Puteri Indonesia Favorit Sosial Media Kepulauan 2019.

Penulis: Veronica Dilla | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi