Nalar.ID

4 Agenda Sosial Alya Nurshabrina Menuju Miss World 2018

Jakarta, Nalar.ID – Miss Indonesia Goes to Miss World 2018. Alya Nurshabrina siap mengharumkan nama Indonesia. Miss Indonesia 2018 ini akan berangkat ke Sanya, China, pada 10 November 2018 untuk mewakili Indonesia dalam ajang Miss World 2018.

Gadis kelahiran Jakarta, 21 Januari 1996 ini, akan memasuki tahap karantina bersama 120 peserta dari negara lain. Selama 4 minggu di karantina, ia akan melalui proses penilaian 6 fast track. Terdiri atas Sport Competition, Fashion-Top Model, Beauty with a Purpose, Talent Show, Multimedia Award, dan Head to Head Challenge.

Puncaknya, Alya akan mengikuti malam Grand Final Miss World 2018 pada 8 Desember mendatang. Untuk persiapan menuju Miss World 2018, Alya, memiliki 4 agenda sosial program Beauty With a Purpose. Rencananya, agenda ini akan dijalani di kampung Sentak Dulang RT.04. RW.12 Desa Mekar Manik Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung.

Promosi Destinasi Indonesia

Pada kegiatan ini, ia mempromosikan destinasi wisata di Tanah Air. Tak hanya obyek wisata yang berkembang, ia juga membantu dan mengajak warga menghidupkan potensi di daerahnya. Yayasan Miss Indonesia, Yayasan Jalinan Kasih, MNC Group, Alya dan ODESA MNC, membuat agenda sosial khusus untuk project ini.

Hal pertama yang ia lakukan adalah membangun prasarana MCK (mandi cuci kakus). Kedua, memberi bantuan pengadaan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Sebelumnya, ada 100 rumah belum terhubung dengan sumber air bersih. Project ketiga adalah mendidik warga sekitar untuk memberdayakan pertanian di pekarangan. Keempat, menciptakan ekonomi alternatif dengan menjadikan kawasan Kecamatan Cimenyan sebagai kampung wisata.

“Membawa nama Indonesia di ajang ini bukan hal mudah. Saya berusaha semaksimal mungkin mengharumkan nama bangsa dan mencetak prestasi membanggakan di Miss World 2018. Semoga memotivasi seluruh wanita Indonesia untuk terus melakukan yang terbaik dalam mengembangkan diri,” kata Alya Nurshabrina, dalam perbincangan, 1 November lalu di MNC Studios, Jakarta Barat.

Alya merupakan anak pertama dari tiga bersaudara. Ia lulusan Hubungan International FISIP Universitas Parahyangan Bandung. Sejak remaja, Alya banyak menggondol prestasi. Seperti pemenang ‘Wajah Femina 2014’.

Ajarkan Seni Recycle

Ia juga aktif dalam kegiatan sosial ‘Pemuda Bersatu untuk Autisme’ dari Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung 2017, relawan ‘Sahabat Peduli Indonesia’ yang mengajarkan seni dan daur ulang sampah sekitar Pantai Ngurbloat, Maluku Nusa Tenggara tahun 2017, dan relawan ‘Chay Ya Nepal’ dalam membangun gedung sekolah yang rubuh akibat gempa di Desa Yamuna Danda, Nepal, tahun 2016.

Untuk mendukung performa di Miss World 2018, ia akan mengenakan rancangan busana para desainer ternama Tanah Air. Yakni, untuk sesi opening dan talent show, rancangan WU5 atelier by Wiki Wu & Nancy Wu, busana untuk sesi Charity dan National Costum rancangan Jacobs Aditya, dan sesi Final Night & Coronation karya WU5 atelier by Wiki Wu & Nancy Wu.

Sementara, untuk World Fashion, menggunakan by Monica Ivena. Dance of the World menggunakan rancangan atau pakaian adat Ayodya Pala.

Diketahui, ajang Miss Indonesia, melahirkan wanita-wanita yang telah mengharumkan nama Indonesia di ajang Miss World. Seperti Maria Harfanti (2nd Runner Up Miss World 2015), Natasha Mannuela (2nd Runner Up Miss World 2016), dan Achintya Nielsen (10 besar Miss World 2017). Serta 4 tahun berturut-turut, dari 2014 – 2017, memenangkan fast track Beauty with Purpose.

Penulis: Veronica Cathlea | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi