Nalar.ID

4 Alasan Penting Jualan Online

Nalar.ID – Menurut Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Septriana Tangkary, perkembangan penggunaan internet semakin luas ini seharusnya bisa digunakan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Seharusnya masyarakat bisa memanfaatkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat,” katanya, dalam diskusi ‘Forum Sosialisasi: Ekonomi Kerakyatan Berbasis ‘Digital’ di Jakarta, Senin (25/2). Ia menambahkan, internet memberi kemudahan bagi siapa saja untuk mencari dan mendapatkan sejumlah informasi dengan hemat dan cepat.

Terlebih, untuk menjadi wirausahawan adalah cita-cita sebagian orang. Tapi tak sedikit pesimis untuk menjalankannya karena sejumlah alasan mainstream. Misalnya, tak punya cukup modal, keahlian, koneksi atau relasi, sampai alasan lain yang tak perlu menjadi batu penghalang meraih sukses berbisnis.

Kemenkominfo membeberkan beberapa alasan mengapa harus mulai berjualan melalui internet. Informasi dihimpun Nalar.ID, Selasa (26/2).

  1. Pasar Luas

Melalui jaringan internet, Anda bisa berkomunikasi dengan orang lain di luar pulau, luar kota, hingga keluar negeri. Luasnya jangkauan berkomunikasi memungkinkan kita menjual produk lebih banyak.

Bidikan target akan lebih luas. Ini mampu menjual produk ke semua wilayah di Indonesia hingga mancanegara. Hanya dengan bantuan koneksi internet, telepon pintar, atau komputer tanpa harus keluar rumah.

  1. Fleksibel dan Mudah

Sejatinya, berbisnis atau wirausaha bukan sesuatu yang mudah. Semua perlu persiapan matang. Namun, seiring perkembangan zaman dan teknologi, berbisnis semakin lebih fleksibel dan mudah.

Dengan menjalankan bisnis online, Anda bisa buka toko selama 24 jam non-stop. Lalu tidak menuntut untuk ahli di bidang online karena sistem yang akan membantu Anda mengelola bisnis Anda.

Anda tak perlu lagi keluar rumah dan pergi ke toko melayani pelanggan. Cukup melewati telepon pintar, Anda akan menerima notifikasi. Ini memberitahukan jika ada pesanan dari pembeli.

  1. Tak Tergantung Cuaca

Salah satu hal agar orang tertarik menjalankan bisnis online, yakni tidak bergantung dengan situasi dan cuaca.

Penjual tak haru s menutup toko karena situasi tertentu. Contoh, saat banjir atau bencana alam lain. Pembeli tak perlu risau datang macet-macet ke toko atau karena hujan dan tidak jadi mengunjungi toko Anda.

  1. Lapangan Kerja Baru

Dengan membuka bisnis online, Anda bisa merekrut sebagian orang bergabung mengembangkan bisnis Anda. Secara tidak langsung Anda partisipasi menurunkan jumlah pengangguran di Indonesia dan membantu mereka memenuhi kebutuhan finansialnya.

Penulis: Erha Randy | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi