Nalar.ID

4 Tahap Kemensos Salurkan Bantuan Pengungsi Nduga

Nalar.ID – Kementerian Sosial RI menyalurkan bantuan logistik untuk pengungsi korban konflik di Kabupaten Nduga, Provinsi Papua, dengan menggandeng para Kepala Distrik untuk pendistribusiannya.

Alhamdulillah, bantuan tahap ketiga dan keempat dari Kemensos (Kementerian Sosial) mulai mengalir ke Kabupaten Nduga,” tukas Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Senin (14/10).

Mensos menjelaskan, Tim Kementerian Sosial bersama Dinas Sosial Provinsi Papua dan Dinas Sosial Kabupaten Jayawijaya melakukan pertemuan dengan para kepala distrik.

Dalam pertemuan ini, para kepala distrik terdiri dari Distrik Mebarok, Distrik Koroptak dan Distrik Yigi.

Mereka menyampaikan aspirasi mewakili distrik lain terkait jenis bantuan yang saat ini mendesak diperlukan pengungsi. Bantuan tersebut berupa sembako, seperti beras, garam beryodium, kopi, gula pasir, hingga minyak goreng.

Dalam penyaluran bantuan ini, Kemensos melibatkan Kepala Distrik dan perwakilan warga di sejumlah distrik di Kabupaten Nduga.

“Hal ini untuk menentukan kebutuhannya, membeli dan mendistribusikan sesuai kebutuhan warga,” kata Mensos.

4 Tahap

Ia mengatakan bantuan untuk Nduga telah disalurkan ke Dinas Sosial Kabupaten Nduga. Bantuan terbagi dalam empat tahap. Ia merinci, untuk bantuan tahap pertama, yakni logistik makanan dan beras senilai Rp 2,5 miliar.

Bantuan tahap kedua berupa paket perlengkapan. Terdiri dari seragam sekolah sekolah dasar hingga sekolah menengah atas, perlengkapan bermain anak, belajar anak, olah raga, hingga perlengkapan kelompok rentan lansia dan berkebutuhan khusus. Total bantuan tahap kedua adalah Rp740.449.000.

Sedangkan bantuan tahap ketiga senilai Rp419.192.985. Terdiri dari beras, makanan tambahan seperti ikan teri, garam, biskuit, susu. Selebihnya paket logistik, seperti lauk pauk, makanan siap saji, sandang dan makanan anak.

“Tahap keempat ini kami melibatkan para kepala distrik untuk membantu mengawal proses distribusi. Total bantuan tahap keempat sebesar Rp 651,2 juta,” terang Mensos.

Sementara, Kepala Distrik Mebarok Torry Wandikbo mengatakan bantuan sudah diterima warga dengan baik.

Penulis: Febriansyah | Editor: Radinka Ezar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi