Nalar.ID

5 Arahan Presiden Percepat Transformasi Digital Nasional

Nalar.ID, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menegaskan, ada lima arahan Presiden Joko Widodo terkait agenda percepatan transformasi digital nasional.  

“Pertama, perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital. Kedua, penyiapan roadmap transformasi digital di sektor-sektor strategis. Ketiga, percepatan integrasi Pusat Data Nasional. Keempat, penyiapan kebutuhan SDM digital. Kelima, menyiapkan hal-hal yang berkaitan dengan regulasi, skema pendanaan dan pembiayaan transformasi digital,” ujarnya, kepada Nalar.ID.

Berkaitan dengan lima arahan itu, Kementerian Kominfo telah menyiapkan Peta Jalan Indonesia Digital 2021-2024. Di mana, fokus pada empat sektor strategis. Ini mencakup infrastruktur digital, pemerintahan digital, ekonomi digital, dan masyarakat digital. 

Menurut Menkominfo, empat program prioritas tersebut mencakup Percepatan Penyediaan Infrastruktur Telekomunikasi, Penguatan Infrastruktur Digital Pemerintah. Serta Penguatan Tata Kelola Data, termasuk Arus Data Lintas Batas Negara, dan Penguatan Komunikasi Publik, termasuk melalui platform digital.

Penulis: Febriansyah | Editor: Febriansyah

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi