Nalar.ID

5 Fitur Canggih Google Maps untuk ‘New Normal’

Nalar.ID, Jakarta – Dalam menjalankan kehidupan ‘new normal’, masyarakat diperbolehkan untuk beraktivitas di luar rumah. Tentu, dengan menerapkan protokol kesehatan. Diantaranya social distancing atau jaga jarak aman, menggunakan masker, dan rajin mencuci tangan.

Untuk membantu hal ini, pengguna telepon seluler (ponsel) Android dan iPhone dapat menggunakan fitur canggih dalam Google Maps.

Apa saja? Berikut sejumlah fiturnya yang dapat membantu Anda, dari berbagai sumber di rangkum Nalar.ID, Kamis (28/5/2020).

1. Pesan Makan

Untuk yang berada di kantor atau rumah namun ingin memesan makanan. Di bagian atas Google Maps terdapat opsi ‘takeout’ untuk makanan yang diambil di restoran. Serta ‘deliveries’ untuk makanan diantar ke tempat tujuan.

2. Akses Tanpa Kuota
Melalui fitur ‘offline maps’, Google Maps sebetulnya menawarkan akses peta lokasi tanpa kuota. Anda hanya perlu pergi ke menu, lalu pilih ‘offline maps’. Setelah itu pilih ‘download offline map’, kemudian atur peta sejauh yang Anda ingin unduh.

3. Arah Berjalan
Fitur ini akan mem-visualisasikan ke arah mana Anda akan berjalan. Anda perlu menentukan tujuan, lalu klik ‘direction’. Berikutnya pilih ‘walking’ dan opsi ‘live view’.

4. Mudah Parkir
Mencari parkir bukan perkara mudah, namun di Google Maps bisa membantu. Caranya, masukkan tempat tujuan. Di sana akan muncul ikon ‘P’ untuk parking. Warna merah, artinya parkir terbatas. Sementara biru, tempat parkir masih banyak.

5. Lihat Lokasi Pasangan
Cemas pasangan Anda cenderung akan berselingkuh? Anda bisa pilih fitur ‘Location Sharing’ di Google Maps untuk memantau. Fitur ini memungkinkan dua orang saling memberikan lokasi secara real-time dengan jangka waktu tertentu.

Penulis: Erha Randy | Editor: Radinka Ezar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi