Nalar.ID

5 Kiat Kelola Uang di Dompet Digital

Jakarta, Nalar.ID – Saat ini banyak masyarakat menggunakan dompet digital untuk berbagai jenis pembayaran. Cara ini mudah digunakan untuk menyelesaikan segala transaksi secara cepat.

Namun, jika tidak bijak, penggunaan dompet digital membuat Anda boros. Terutama jika terjebak tawaran promosi barang konsumtif hingga membuat dompet jebol. Guna menghindari ini, berikut tips mengelola uang di dompet digital. Informasi dihimpun dari Qerja.com, Selasa (8/1):

Pahami Kebutuhan

Sebelum menggunakan dompet digital, pertimbangkan dengan matang. Untuk ongkos transportasi sehari-hari, beli pulsa, atau bayar tagihan? Setelah itu, hitung pengeluaran bulanan yang akan dibayar lewat dompet digital. Dengan memahami kebutuhan, Anda bisa hitung besaran uang yang harus dimasukkan ke dompet digital selepas gajian.

Atur Jadual Isi Ulang

Ketika sudah menetapkan jadwal isi ulang dompet digital, harus disiplin dan patuh waktu. Jangan sampai isi ulang berulang kali hanya karena mengejar barang konsumsi promosi. Salah satu pilihan tepat isi ulang adalah selepas gajian.

Bisa langsung bagi ke pos-pos yang telah diatur dalam rencana keuangan. Contoh, dapat gaji tanggal 25 sampai 27, sementara tagihan bulanan keluar tanggal 5 bulan berikutnya. Maka uang untuk pembayaran tagihan telah aman di dompet digital.

Monitor Saldo

Dompet digital tertentu menawarkan fitur pelacakan transaksi, monitor pembayaran, hingga pengeluaran uang tak tepat. Dengan fitur ini, bisa lihat dan evaluasi pengeluaran sebulan ke belakang. Hasil evaluasi bisa jadi dasar memperbaiki rencana keuangan mendatang.

Siapa tahu, ternyata Anda harus mengurangi jumlah saldo mendatang. Sekarang ini, banyak perusahaan memberikan promo penggunaan dompet digital. Tak ada salahnya memanfaatkan promo-promo ini agar hemat lebih banyak saat belanja.

Batasi Saldo

Jika butuh dompet digital hanya untuk kebutuhan transportasi, isi saldo sesuai ongkos harian. Misal, biaya perjalanan yang dibayar dengan dompet digital Rp 15 ribu per hari. Anda bisa batasi saldo Rp 150 ribu untuk 10 hari.

Jika kuatir ada pembengkakan biaya akibat ongkos bepergian secara mendadak, bisa tambahkan saldo 10-15 persen dari kebutuhan sebenarnya. Pembatasan saldo akan selamatkan dari sifat konsumtif seperti berbelanja barang tak perlu.

Manfaatkan Promo

Kadang, boleh saja memanfaatkan promo dari tawaran penyedia layanan dompet digital. Kalau ingin makan siang di luar sekali waktu, pilih restoran yang kerja sama dengan penyelenggara dompet digital. Anda bisa memanfaatkan penawaran lain seperti beli barang dengan poin yang sudah dikumpulkan. Alangkah baiknya jika penawaran diskon dimanfaatkan untuk hal produktif. Seperti menggunakan makan siang di restoran bersama klien.

Penulis: Veronica Dilla | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi