Nalar.ID

5 Maskapai Dunia Ini Belum Pernah Kecelakaan Fatal

Jakarta, Nalar.ID – Indonesia berduka. Pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta – Pangkal Pinang, dinyatakan jatuh ke perairan Pulau Karawang, Jawa Barat.

Pesawat hilang kontak usai lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten, sekitar pukul 06.20 WIB, Senin (29/10). Pesawat hilang dari radar pengawas (ATC) di koordinat 0545.15-I S-107 07.16 E KMA.

Pesawat membawa 178 penumpang dewasa, 1 anak, 2 bayi, 3 pilot, dan 6 awal pesawat. Berdasarkan serpihan potongan tubuh korban, puing pesawat, dan barang pribadi korban, dipastikan tak ada korban selamat.

Hingga Selasa (30/10) petang, Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, sudah menerima 34 kantong jenazah. Pihaknya belum memastikan total jenazah. “Dalam kantung, belum tentu satu jenazah. Bisa jadi satu kantung lebih dari satu jenazah,” kata Kepala RS Polri, dr. Musyafak, pada jumpa pers, Senin (29/10) malam.

Bercermin dari peristiwa ini, kecelakaan pesawat masih terjadi. Tak ada pihak yang menjamin bahwa pesawat lepas landas, aman ditumpangi. Sementara, ada sejumlah maskapai, diklaim sebagai transportasi udara aman. Pertimbangannya, tak pernah mengalami kecelakaan fatal.

Dikutip pembaca Telegraph, Selasa (30/10), berikut 5 maskapai aman tanpa kecelakaan fatal sepanjang sejarah:

Hawaiian Airlines

Sudah mengudara sejak 1929. Dua kali bangkrut pada 1993 dan 2003, maskapai ini tak pernah membahayakan keselamatan penumpang. Awalnya, maskapai ini mengoperasikan wisata ringan jarak pendek rute Hawaiian dan Pulau O’ahu. Lalu, melebar ke wilayah Selandia Baru, Pasifik, pantai barat Amerika Serikat, hingga Asia.

Etihad

Selama 2003 berdiri, baru insiden kecil dialami maskapai asal Timur Tengah ini. Saat itu, pesawat menjalani uji coba di Bandara Toulouse di Perancis. Pesawat membentur dinding beton dan melukai 9 orang. Empat korban luka serius.

Emirates

Asal Dubai, lebih dari 3.600 penerbangan maskapai ini mengudara dalam sepekan. Tak pernah kecelakaan fatal saat terbang sejak kali pertama terbang 1985. Tapi, pernah ada insiden ketika Boeing 777 mendarat di Bandara Internasional Dubai. Pesawat terbakar dan meledak di landasan pacu. Semua penumpang di evakuasi. Satu petugas damkar tewas saat memadamkan api. Setelah itu, tak lagi ada laporan insiden.

Ryanair

Sejak berdiri 2008, maskapai ini tak pernah kecelakaan serius. Pernah sekali kecelakaan kecil tahun 2008. Kala itu, pesawat terpaksa mendarat darurat di Roma, Italia, usai ‘diserbu’ kawanan burung dan menerjang moncong pesawat di udara. Burung menghantam sayap dan masuk mesin.

Virgin Atlantic/America/Australia

Tiga operator, yang masing-masing berdiri 1984/2007/2000 ini punya catatan keamanan penerbangan luar biasa. Tanpa kecelakaan, selama puluhan tahun perjalanan. Virgin Australia dan Atlantic, berada di 20 peringkat maskapai teraman di dunia, seperti dikutip dari AirlineRatings.com.

Qantas Teraman

Ada 409 maskapai terangkum dalam situs web AirlinesRatings.com namun belum menyatakan sebuah maskapai udara yang aman untuk 2018. Sebabnya, situs itu ikut mempertimbangkan insiden-insiden. Walau terbilang kecil dan tak menelan korban, audit pemerintah, usia rata-rata armada, dan pengawas industri penerbangan.

Diantara penilaian itu, apa maskapai teraman di dunia? Ternyata Qantas, maskapai terpilih yang aman di dunia selama empat tahun terakhir. Maskapai ini menggeser 19 pesaingnya. Maskapai teraman lain, diantaranya British Airways, Virgin, Singapore Airlines, Air New Zealand, dan Emirates. Disusul Etihad, KLM Royal Dutch Airlines, dan Lufthansa.

Penulis: Veronica Cathlea| Editor: Ezar Radinka

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi