Nalar.ID

5 Pekerjaan Cocok untuk Si Introvert

Nalar.ID – Seseorang bisa dikatakan introvert jika punya kecenderungan menyendiri. Ia juga tak banyak interaksi dengan lingkungan luar. Kemudian lebih maksimal mengerjakan sesuatu tanpa bantuan orang lain.

Seperti dilansir dari Psychology Today, Sabtu (2/3), dalam dunia kerja, biasanya, seseorang dituntut akan berjumpa dengan orang lain. Mulai dari sekadar sosialisasi, rapat, hingga melakukan presentasi. Bagaimana dengan orang introvert?

Menurut psikolog Hans Eysenck, kepribadian introvert cenderung memiliki kreativitas tinggi. Namun, jangan kuatir. Ada beberapa profesi yang cocok untuk si introvert tanpa mengubah kepribadiannya. Apa saja?

Editor Video dan Film

Pekerjaan ini banyak menghabiskan waktu dengan musik dan dialog, headphone di kepala, dan memadukan footage video. Editor harus memiliki kreativitas, kesabaran, dan keterampilan merangkai rekaman video.

Editor Buku

Serupa dengan blogger dan penulis, editor juga butuh konsentrasi tinggi dan fokus membaca, serta mengoreksi kesalahan penulisan. Pekerjaan mengedit buku tak butuh banyak bantuan orang lain.

Manajer Media Sosial

Meski ada kata ‘sosial’ di pekerjaan ini, tapi pekerjaan ini cocok bagi si introvert. Hanya butuh interaksi virtual melalui media sosial, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Semua bisa dilakukan dari meja kerja.

Desainer Grafis

Punya kreativitas tinggi dan lihai mengoperasikan software grafis, profesi ini dapat jadi pilihan. Ini pekerjaan independen. Hanya butuh komputer dan aplikasi grafis untuk menuangkan gagasan dan ide visual. Interaksi ke orang lain pun sedikit.

Blogger atau Penulis

Menulis butuh konsentrasi tinggi dan suasana tenang. Pekerjaan ini menarik dan cocok untuk si introvert. Anda diberi kesempatan untuk berpikir sendiri, bebas berekspresi secara kreatif, dan bebas membuat konten tanpa merasa diganggu orang lain.

Penulis: Febriansyah | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi