Nalar.ID

5 Profesi Ini Dibutuhkan Saat Pandemi Corona

Nalar.ID, Jakarta – Tidak sedikit orang kehilangan pekerjaan akibat pandemi Covid-19. Ini merupakan imbas atas perlambatan bisnis dan ekonomi yang lesu.

Tetapi, masih ada sejumlah sektor industri yang bertahan ditengah pandemi. Contoh, perusahaan komunikasi, jasa pengantaran, hingga perusahaan makanan dan minuman. Namun, ketika ada bisnis bertumbuh, maka permintaan tenaga kerja ikut meningkat.

Dikutip dari laman Jobs.id belum lama ini, berikut beberapa pekerjaan yang dibutuhkan ketika pandemi.

Customer Service

Peran tenaga ini dibutuhkan ketika hubungan penyedia barang dan jasa dengan konsumen dilakukan secara online. Tugas customer service, yakni melayani pelanggan. Mulai dari menjawab pertanyaan hingga menerima keluhan.

Hingga pertengahan Mei 2020 lalu, berbagai perusahaan membuka posisi lowongan customer service di berbagai level. Harapannya, kandidat customer service punya kemampuan berkomunikasi yang baik.

Penasihat Akademis

Pandemi mengubah cara dan proses belajar para siswa. Bila sebelumnya harus pergi ke sekolah, kini para siswa belajar secara online. Sementara pihak sekolah butuh tenaga ahli.

Tenaga ini dianggap mampu meracik kurikulum yang tepat dalam proses belajar-mengajar seperti sekarang. Orang untu di posisi ini harus berlatar belakang pendidikan manajemen kurikulum. Tenaga ahli di bidang juga bertanggungjawab untuk mengawasi akademik dan kurikulum sekolah.

Manajer dan Staf Gudang

Seiring imbauan belajar dan bekerja di rumah selama pandemi, pola belanja masyarakat mulai berubah. Semakin banyak orang memilih membeli kebutuhan secara online karena imbas penutupan mal dan toko-tokoi. Otomatis, kebutuhan tenaga kerja yang memahami sistem pergudangan ikut meningkat.

Jika Anda mencari pekerjaan dengan kata kunci ‘warehouse’ di beberapa situs pencari kerja, akan menemukan berbagai perusahaan membuka lowongan untuk posisi admin, foreman, officer, sampai supervisor warehouse.

Kurir

Seperti staf gudang dan manajer, kebutuhan kurir pun bertambah seiring meningkatnya aktivitas belanja online.

Tertarik melamar profesi ini? Siapkan motor beserta kelengkapan surat-surat dan menguasai wilayah yang akan jadi area kerja.

Tenaga Kesehatan

Profesi ini paling banyak dibutuhkan saat pandemi. Perawat hingga dokter spesialis. Sebagian tenaga kesehatan difokuskan guna menangani pasien Covid-19. Ada pula pasien lain yang butuh penanganan medis.

Beberapa hari terakhir, sejumlah rumah sakit membuka lowongan untuk dokter umum hingga dokter spesialis. Termasuk perawat yang banyak dicari, mulai perawat umum hingga perawat bersertifikat hemodialisa.

Penulis: Febriansyah | Editor: Radinka Ezar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi