Nalar.ID

5 Rekomendasi Destinasi Wisata Saat Staycation

Nalar.ID, Jakarta – Walau kondisi Covid-19 masih belum dapat diprediksi, kita dapat melihat kondisi pandemi perlahan kian membaik dengan upaya program vaksinasi oleh pemerintah dan implementasi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat di Indonesia.

Dikutip Nalar.ID, RedDoorz merekomendasikan beberapa destinasi wisata yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga dan teman-teman. Apa saja?

  1. Pantai Kelingking – Nusa Penida, Bali

Jika ingin menghabiskan waktu di pulau yang memiliki pemandangan eksotis serta dibalur dengan pantai pasir putih, Nusa Penida adalah pilihan yang tepat.

Nusa Penida terletak di sebelah tenggara pulau Bali dan terpisah oleh selat Badung. Kaya keunikan alam yang cocok untuk menghiasi akun sosial mediamu.

Tempat ini biasa dikenal dengan pantai pasir putih, pemandangan indah dari atas tebing, dan tentunya keindahan pemandangan bawah laut yang tiada tara. Kamu dapat menghabiskan ulang tahunmu dengan berpetualang dan berburu sunset sambil menatap pemandangan Samudra Hindia di atas tebing di pulau indah ini.

2. Kawah Ijen – Banyuwangi, Jawa Timur

Fenomena langka di dunia dapat dilihat di Banyuwangi. Jika mengejar sunset di Nusa Penida, di sini dapat mengejar sunrise yang tak kalah cantik.

Banyuwangi, adalah kawasan yang memiliki fenomena langka, yaitu blue fire yang hanya ada dua di dunia. Salah satunya di Kawah Ijen di Banyuwangi.

Apabila berkunjung ke Kawah Ijen, Banyuwangi, wajib melihat pemandangan sunrise yang mengesankan. Selain Kawah Ijen, Banyuwangi juga masih memiliki banyak destinasi wisata alam yang dapat kamu kunjungi seperti Taman Nasional Baluran, Jawatan Benculuk, dan Air Terjun Pertemon.

3. Air Terjun Sipiso-Piso – Medan, Sumatera Utara

Jika kamu sudah menonton film ‘Ngeri-Ngeri Sedap’, pasti telah melihat sedikit sneak-peek indahnya kota Medan yang sangat cocok bagi kamu yang butuh istirahat dari hingar bingarnya Ibu Kota.

Sering kali saat mendengar nama kota ini, kita berpikir bahwa Medan merupakan lokasi Danau Toba. Namun, sebenarnya kota Medan bukan kota asal Danau terbesar di Indonesia tersebut. Kota Medan memiliki keindahan alam lain, seperti Air Terjun Sipiso-Piso ketinggian 800 meter di atas permukaan laut dan dikelilingi hutan pinus.

Kamu dapat menikmati pemandangan panoramik dari atas air terjun berupa area sawah dan juga perkebunan warga. Selain Air Terjun Sipiso-Piso, kamu juga bisa berkunjung ke Pantai Pandan, Kampung Ladang, dan Danau Linting untuk memuaskan kerinduanmu akan alam.

4. Pulau Siladen – Manado, Sulawesi Utara

Cakrawala indah dengan pegunungan yang dikelilingi oleh lautan serta suasana pantai tenang yang terlihat seperti lukisan.

Pulau seluas 31,25 hektare ini terkenal dengan air laut tenangnya. Ombak tidak terlalu besar. Dapat berenang dan snorkling untuk melihat aneka terumbu karang dan beragam biota laut yang masih terjaga.

5. Air Terjun Kapas Biru – Lumajang, Jawa Timur

Dengan aliran air deras dan dihiasi pepohonan alami, kamu bisa mencari inner peace di tempat wisata ini. Air Terjun Kapas Biru yang memiliki dua tingkatkan ini memiliki air yang terjatuh dari Sungai Lekong dan Besukbang yang berhulu dari kaki Gunung Semeru.

Titik-titik air yang membentur dasar tebing dan terkena cahaya matahari terlihat seperti tirai kabut yang memberikan ilusi bahwa kamu berada di negeri Khayangan. Dengan gemuruh air dan suasana yang sejuk, tempat ini cocok bagi kamu pecinta outdoors yang jenuh dengan wisata pantai.

Penulis: Alamsyah | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi