Nalar.ID

7 Fakta ‘HijrahFest 2019’, Ajang Komunitas Muslim Pertama di Indonesia

Nalar.ID – Perkembangan tren hijrah hingga meningkatnya jumlah komunitas muslim di Tanah Air, praktis, mendongkrak kebutuhan wadah kumpul umat dan komunitas muslim Indonesia. Harapannya, agar secara berjamaah berkumpul plus mencari jalan menuju kebaikan.

Demikian misi HijrahFest, acara komunitas muslim pertama di Indonesia yang digelar tahun ini. Apa dan bagaimana HijrahFest 2019? Berikut informasi yang dirangkum Nalar.ID, Selasa (14/5).

Unforgettable Hijrah

HijrahFest 2019 mengusung tema ‘Unforgettable Hijrah’. Sukses seperti tahun pertama, 2018, HijrahFest garapan Fam Company kali ini digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, pada 24 – 26 Mei 2019.

Tukar Ilmu dan Cerita

Event ini menyajikan puluhan agenda. Termasuk mendatangkan sejumlah tokoh dan ratusan komunitas muslim. Di tempat ini, mereka berbagi pengalaman, ilmu, hingga ajang tukar cerita.

Dengan cara ini, diharapkan, mereka semakin memperkuat Ukhuwah Islamiyah di Indonesia. Termasuk belajar pengetahuan agama Islam, sharing session artis hijrah, komunitas muslim, sampai sajian aneka produk muslim.

UAS hingga Felix Xiauw

Selain sejumlah komunitas muslim dan produk muslim, acara ini dihadiri puluhan ustaz populer dan ternama. Nama-nama yang terkonformasi, yakni ustaz Abdul Somad, ustaz Adi Hidayat, sampai ustaz Felix Xiauw.

Arie Untung, penyelenggara HijabFest 2019 menuturkan, pemilihan para ustaz berdasarkan respon masyarakat.

“Ini polling masyarakat. Tapi ada beberapa ustaz umrah enggak bisa ikut. Yang sakit juga ada,” ujar Arie, dalam jumpa pers di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (14/5).

Nonstop 24 Jam

Acara hijrah terbesar ini dihadiri puluhan ustaz. Termasuk hijrah dan hijab squad, hingga puluhan komunitas hijrah dan puluhan booth. Mereka berkumpul selama tiga hari pada momen ramadan nonstop 24 jam.

Donasi Lombok hingga Palestina

Arie Untung menuturkan, pihaknya ingin menampilkan sesuatu terbaik selain sisi pertunjukan. “Kelebihan di sini, apa yang nanti kami dapatkan, akan disumbangkan ke Palu, Lombok. Atau mungkin sampai ke Palestina. Alhamdulillah,” kata Arie.

Lihat Langsung

Kata Arie, HijabFest 2019, dirancang, “Bagaimana mereka yang biasanya nonton di YouTube atau di media sosial, sekarang dapat kami realisasikan dan bisa lihat langsung (bertausiyah). Sesederhana itu. Kami enggak lihat dia (para ustaz) ini alirannya apa,” sambungnya.

Qiamul Lail dan Sahur Bareng

Nantinya, ajang ini akan lebih seru dan menarik dari tahun sebelumnya. Karena digelar di bulan ramadan, acara ini akan membawa suasana baru dan berbeda. Selain ibadah berjamaah, para pengunjung dapat buka puasa bersama qiamul lail hingga sahur bareng.

Penulis: Febriansyah | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi