Nalar.ID

8 Kunci Sukses ala Steve Jobs

Jakarta, Nalar.ID – Maestro gadget Steve Jobs dikenal gigih. Pria ini mampu membawa brand Apple mendunia. Seperti dilansir oleh Business Insider, Rabu (26/12), jika Anda ingin karir atau hidup sukses, bisa coba cara-cara Jobs ini.

Passionate!

Perlihatkan proses ‘selling yourself’. Ini cara handal membuat orang terpikat idemu. Wynton Marsalis, seorang peniup terompet, yang direkrut Jobs untuk iTunes mengatakan: “Setelah beberapa saat, aku mulai memerhatikannya (Jobs) ketimbang komputerku. Sebab aku sangat tertarik dengan semangatnya.”

Klaim Ide

Mantan karyawan Mac, Bud Tribble, menyatakan dalam biografi Jobs: “Bila kau menyampaikan ide baru kepadanya (Jobs), biasanya ia akan mengatakan idemu bodoh. Tapi jika ia menyukai, seminggu setelahnya, ia akan kembali kepadamu dan mengusulkan idemu.”

Berani Jujur

Dalam biografinya, Jobs mengutarakan: “Jika hal payah, aku akan mengatakannya langsung. Itu tugasku untuk jujur. Aku tahu apa yang kukatakan. Biasanya aku benar.”

Lawan dengan Pujian

Jobs mampu memikat orang. Ia senang melakukannya. Tapi Jobs juga mampu memikat orang yang tak ia sukai dengan pujian, dan menghina orang yang dia suka.

Kerja Keras

Jobs bekerja dari pukul 07.00 sampai 09.00 di Apple pada 1996, saat ia masih bekerja di Pixar. Ia bekerja tanpa lelah sampai orang hormat atas kerja kerasnya.

Utama Sempurna

Jobs bercita-cita untuk untuk Apple, tidak hanya menyaingi para kompetitor atau menghasilkan banyak uang. Tapi menciptakan produk terhebat yang pernah ada. Atau bahkan bisa lebih hebat dari yang terhebat.

Buat Keputusan Cepat

Pimpinan desainer Apple, Jonny Ive, mengutarakan bahwa saat keputusan dapat diambil satu bulan akan datang, Jobs membuat keputusan setengah jam kemudian.

Cepat Selesaikan Masalah

Bila sesuatu tidak benar, jangan hiraukan. Bilang, akan diperbaiki nanti. Itu hanya dilakukan oleh perusahaan lain, bukan perusahaannya (Apple).

Penulis: Erha Randy | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi