Nalar.ID

Ade Fitrie Kirana: Giatkan Rumah Trauma hingga Bantuan Hukum

Nalar.ID, Jakarta – Sudah tiga tahun, Ade Fitrie Kirana atau Raden Siti Fitrie Kirana (35), memegang tampuk kursi sebagai Ketua Umum Yayasan Perlindungan Perempuan dan Anak (YPPA). Belakangan, mantan pesinetron yang kini berkecimpung di dunia sosial ini tengah serius membenahi sarana dan prasarana yayasan yang dinahkodai.

Diantaranya, memantabkan kinerja para anggota YPPA, kualitas dan semangat kerja, dalam mengemban tugas. Di sela kesibukannya, Ade, memaparkan singkat terkait yayasan yang dipimpin. Berikut penuturan kepada Nalar.ID, dihubungi secara tertulis, Senin (17/9):

Tiga tahun merintis YPPA, apa saja program unggulan?

Saya ingin lebih banyak kenal para lembaga swadaya masyarakat (LSM) atau komunitas di bidang sosial. Sehingga bisa bersinergi melalukan banyak hal positif dengan 5 program kerja YPPA. Diantaranya LBH hukum, Rumah Trauma, Ivatest gratis, Cinta Masjid dan Musala, Sedekah Jumat #SeJam. Semua ada di situs yppa.or.id.

Selain itu?

Selebihnya, Kampung Pintar dan Anak Binaan untuk program tambahan. Untuk generasi muda, khususnya di Jakarta, mari bersama dan bersatu. Kita wujudkan perempuan dan anak yang jauh dari keterbelakangan, keterbatasan dan memiliki rasa percaya diri, serta daya saing tinggi dan tangkas.

Jangka pendek, masalah serius apa harus dibenahi?

Masih issue seputar perempuan dan anak. Terutama lebih ke pelecehan seksual.

Tantangan membangun dan merintis YPPA?

Namanya yayasan non-profit, pasti hanya punya jiwa sosial. Hanya orang yang mempunyai loyalitas dan komitmen tinggi yang akan stay. Para donatur pun tak selalu ada. Jadi, ya, Alhamdulillah, kami berangkat atas kemampuan. Ini tugas saya sebagai ketum (ketua umum) dan pendiri yayasan, di tuntut dapat menjaga konsistensi program kerja dalam keadaan apapun. Alhamdulillah, bisa saya lakukan semua itu dengan izin Allah SWT.

Selain di Jabodatabek, ada rencana ekspans ke luar kota?

DKI Jakarta sampai Kabupaten Bekasi, Alhamdulillah, sekarang sudah ada YPPA. Doakan, YPPA bisa melebarkan sayap sampai ke seluruh pelosok agar kami berkesempatan mempunyai bekal akhirat, kelak. Amin.

Rencana kedepan?

Akan tetap menjalankan program kerja seperti biasa. Kami lebih banyak membuka silaturahmi dan bersinergi dengan banyak pihak.

Penulis: Febriansyah Editor: Ezar Radinka

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi