Nalar.ID

Adu Syiar 30 Ustaz dan Ustazah Indonesia di AKSI 2019

Nalar.ID – Menyambut ramadan tahun ini, Indosiar kembali menayangkan program-program tayangan ‘Ramadan Penuh Berkah’ untuk menemani pemirsa. Mulai dari waktu sahur hingga berbuka.

Dalam siaran tertulis yang diterima Nalar.ID, Selasa (30/4), salah satu program terbaik Indosiar yang hadir mengisi slot prime time waktu sahur ialah ‘Akademi Sahur Indonesia (Aksi) 2019’. Setelah dua tahun terakhir mengantarkan para ustaz dan ustazah berkompetisi di tingkat Asia dalam ‘Aksi Asia’, kini Indosiar kembali menghadirkan kompetisi tausiyah bagi ustaz dan ustazah berbakat Tanah Air.

Kompetisi digelar setiap hari, mulai 6 Mei 2019 secara live pukul 02.00 WIB. ‘Aksi 2019’ akan dipandu oleh Ramzi, Irfan Hakim, Gilang Dirga, Abdel, dan Uyaina Arshad.

Audisi 33 Kota

Sebelumnya, ‘Aksi 2019’ mengadakan audisi di 33 kota di Indonesia. Audisi digelar sejak Maret 2019 hingga April 2019. Audisi berhasil menyaring 30 ustaz dan ustazah terpilih. Para peserta terbagi dalam enam grup berbeda. Lalu, dinilai dan dikomentari oleh ustaz dan ustazah Mamah Dedeh, Ustaz Subkhi Al Bughury, Ustaz Al Habsy, dan Ustaz Wijayanto.

Selain itu, akan hadir para juri tamu dari kalangan para ulama. Serta tokoh muslim Imam Besar Masjid Istiqlal Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, Dr. Muchlis Hanafi MA., Ustaz Attabik Luthfi, Yenny Wahid, dan lainnya.

Selama kompetisi, seluruh peserta terpilih mengikuti karantina. Mereka diberi bekal dari para mentor handal guna memperkaya wawasan. Mulai dari seputar teknik dakwah, olah gerak dan vokal, public speaking, serta pengarahan materi dari Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, Dr. Muchlis Hanafi MA., Ustaz Subkhi Al Bughury, Ustaz Wafiudin, Ustaz Romli, Yayu Unru dan Hilbram Dunar.

Lampung Terbanyak

Proses audisi berlangsung di 33 kota. Tersebar di Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi. Dari 30 ustaz dan ustazah terpilih, peserta terbanyak berasal dari Lampung, yaitu tiga orang. Sementara, Bogor, Riau, Garut, dan Medan, masing-masing mengirim dua peserta terbaik.

Melengkapi rangkaian program ramadan terbaik, setiap hari, Indosiar juga menayangkan FTV spesial ramadan. Diantaranya, ‘Pintu Berkah Spesial pukul 08.30 WIB, ‘Kisah Nyata Spesial Ramadan’ pukul 11.30 WIB, ‘Azab Spesial’ pukul 15.30 WIB, dan ‘Pintu Berkah Ramadan’ pukul 22.30 WIB.

Menjelang waktu berbuka, Mamah Dedeh menyampaikan tausiyah di ‘Curhat Dong Mah’ pukul 17.30 WIB. Momen ramadan kian semarak dengan variety show ‘Festival Ramadan 2019’ pukul 18.00 WIB. Tak ketinggalan, program olahraga ‘Liga 1’ yang tayang mulai 15 Mei 2019 secara live pukul 20.00 WIB.

Penulis: Veronica Dilla | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi