Nalar.ID

Agustus 2020, Edi Ribut Harwanto Isi Materi Hak Cipta di Tiga Tempat

Nalar.ID, Jakarta – Seminar nasional tentang hukum hak cipta Indonesia oleh Yayasan Asosiasi Bela Hak Cipta (ABHC) Indonesia rencananya akan digelar pada Agustus ini.

Dosen dan Pakar Hukum Pidana Ekonomi dan HaKI Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Metro, Lampung, Dr. Edi Ribut Harwanto, SH. M.H., dijadwalkan menjadi keynote speaker dalam seminar tersebut.

Penyelenggara menjelaskan, meski seminar ini digelar Agustus ini, namun tanggalnya belum ditentukan.

Seminar ini memilih tema ‘Kajian Hukum Pidana Terhadap Pelanggaran Hak Moral dan Hak Ekonomi Milik Pencipta Pemegang Hak Cipta Hak Terkait dan Pelaku Pertunjukan Terhadap Pelanggaran Hak Cipta yang Dilakukan oleh Oknum Black Youtubers Corporation and Individual Nasional dan Internasional.’

Selain Edi Ribut Harwanto, seminar ini turut menghadirkan Candra Darusman dan H. Roma Irama. Diketahui, Candra merupakan Ketua Umum Fesmi. Sementara Rhoma adalah Ketua Umum PAMMI.

“Semoga seminar ini dapat membuka cakrawala berpikir kita dalam menyikapi masalah tindakan para black Youtubers corporation and individual. Baik nasional maupun international yang menggunakan konten hak cipta musik dan lagu tanpa izin,” ujar Ketua penyelenggara, Gito Daglog, dalam keterangan sejumlah media.

Sebagian besar Youtuber, diketahui bersalah dan tidak berizin. Oleh karena itu, ABHC akan memfasiltasi masalah ini dan mencari solusi yang terbaik untuk pencipta.

Edi Ribut Harwanto, membenarkan jika dirinya diminta penyelenggara seminar untuk menjadi nara sumber.

Diketahui, bulan ini, Edi mengisi materi terkait sengketa hak cipta di tiga tempat. Pertama, bersama perusahaan music & publishing Nagaswara. Kedua, di salah satu perguruan tinggi di Surabaya; dan ketiga di ABHC.

Penulis: Erha Randy | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi