Nalar.ID

AKSI 2022: ‘Grebek Sahur’ Sambangi Rumah Menparekraf RI

Nalar.ID, Jakarta – Kompetisi dakwah Akademi Sahur Indonesia (AKSI) 2022 di Indosiar telah menentukan 9 ustaz/ustazah terbaik di babak Top 9 AKSI Indonesia 2022. Kompetisi dipastikan menarik dengan penampilan tausiyah kesembilan peserta yang dibagi tiga kloter, yakni Kloter Firdaus, Kloter A’dn, dan Kloter Na’im.

Dalam siaran pers diterima Nalar.ID, masing-masing kloter terdiri atas tiga peserta. Mereka ditantang tampil dua kali, yakni Show dan Result Show dengan sejumlah tema tausiyah menarik. Sebelumnya, tiga ustaz/ustazah harus “Wassalam” di Babak Top 12 yakni Andi (Medan), Najwa (Garut), dan Deden (Sukabumi).

Kloter Firdaus yang terdiri dari Alif (Pati), Arji (Cilacap), dan Ilyas (Garut) mengawali bergulirnya kompetisi di Babak Top 9 AKSI Indonesia 2022 pada 18 April 2022 pagi. Arji menjadi peserta pertama yang tampil dari Kloter Firdaus bertema ‘Harmonisasi Nilai Keislaman dan Kebangsaan’.

Ustaz yang memiliki tagline ‘Ora Ngapak Ora Kepenak’ ini berhasil mengumpulkan total skor 376 poin dari keempat juri, yakni Ustaz Subki Al Bughury, Ustaz Wijayanto, Ustaz Solmed dan Ustazah Mamah Dedeh.

Sementara itu Ustazah Alif memilih tema tausiyah ‘Anak Amanah Tuhan’ yang begitu inspiratif menyampaikan tiga cara menuntun seorang anak. Total skor 383 poin berhasil dikumpulkan Alif pada penampilannya kala itu.

“Alif luar biasa sekali, terlihat percaya diri. Penampilan jauh lebih baik dibanding penampilan sebelumnya. Tema tausiyah yang sangat inspiratif. Semoga Alif kelak bisa menjadi ibu yang baik bagi anak-anak,” tutur Ustazah Mamah Dedeh.

AKSI Indonesia 2022 juga menghadirkan segmen “Grebek Sahur” yang mengajak pemirsa Indosiar menyaksikan tradisi sahur sejumlah pesohor Tanah Air. Indosiar juga berkesempatan untuk menyambangi langsung kediaman Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sandiaga Uno juga menyampaikan terima kasih kepada peserta AKSI Indonesia 2022 yang kerap mengenalkan kearifan lokal daerah asal peserta.

“Saya berterima kasih kepada peserta AKSI Indonesia yang terus mengangkat kearifan lokal di setiap penampilan dakwahnya. Seperti Rena Reni yang beberapa kali menyampaikan kisah Si Kabayan. Begitu pula Arji dengan alat musik tradisional. Semoga ekonomi kreatif Indonesia terus maju,” harap Sandiaga Uno.

Kompetisi terus berlanjut dengan penampilan Ilyas. Ia kembali mencuri perhatian keempat juri dengan gaya khas retorikanya. Ilyas hadir dengan tema ‘Kesusahan Menjadi Peluang Dekat dengan Allah’ dan berhasil memecahkan rekor skor tertinggi di AKSI Indonesia 2022 dengan perolehan total skor 393 poin.

Bahkan, Ustaz Subki Al Bughury tak ragu memberi skor sempurna 100 untuk penampilan Ilyas. “Ustaz Ilyas tampil sepenuh hati bukan sekadar hafalan. Sehingga tausiyah juga sampai ke hati kita semua. Selain itu juga joke yang disampaikan sesuai sehingga semakin menarik dan menghibur. Semoga Ilyas dapat banyak dukungan agar semakin semangat berdakwah,” ujar Ustaz Subki Al Bughury.

Selain itu Ilyas mengungkap saat ini dirinya telah menyiapkan materi dakwah hingga babak Top 6. Berbagai referensi ia kumpulkan sebagai ide materi dakwah.

Senada dengan harapan Ustaz Subki Al Bughury, perolehan skor sementara menempatkan Ilyas di posisi teratas. Sementara Alif di posisi kedua dan Arji di posisi terendah. Perolehan skor akhir akan ditentukan dengan hasil akumulasi penampilan ketiga peserta di Result Show. Ilyas, Alif, dan Arji dari Kloter Firdaus kembali tampil di AKSI Indonesia 2022 Top 9 Kloter Firdaus Result Show pada Selasa, 19 April 2022 di Indosiar sejak pukul 02.00 WIB dini hari.

Kemeriahan panggung ‘Festival Ramadan’ masih terus berlangsung. Pada 17 April 2022, Festival Ramadan dibuka kemeriahan pendukung dua grup yang akan bersaing dipandu oleh host Ramzi, Irfan Hakim, Gilang Dirga, Ruben Onsu, Lesti DA, dan Jirayut DAA.

Via Vallen berkesempatan hadir sebagai dewan juri bersama Soimah, Ustaz Wijayanto, dan Parto. Kejutan spesial hadir di panggung ‘Festival Ramadan’ untuk merayakan ulang tahun Eddy Soepono alias Parto ke-61 tahun.

Rio Gambus (Makassar) dan Sholawat Reggae (Depok) tampil bersaing memperebutkan skor terbaik. Di akhir acara, Sholawat Reggae berhasil mengungguli perolehan skor dari Rio Gambus sebesar 280 poin. Dengan demikian, Sholawat Reggae membawa pulang uang tunai Rp 5 Juta. Sementara Rio Gambus sebagai Juara 2 meraih Rp 2,5 Juta.

Editor: Veronica Dilla

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi