Nalar.ID

Aksi Dwiki Dharmawan di Festival Jazz Sarajevo 2019

Nalar.ID – Festival Jazz Sarajevo tahun ini memasuki usia ke-23. Ini merupakan salah satu festival jaz terbaik di kawasan Eropa Tengah. Salah satu penampilan yang ditunggu-tunggu audiens adalah Dwiki Dharmawan World Peace Band yang merupakan grup multi negara.

Bersama grup-nya, Dwiki berada di posisi piano/ehodes/synthesizer/leader/composer. Sementara, di posisi vokal dan elektronik, ada Boris Savoldelli asal Italia. Kemudian, ada Kamal Musallam dengan oud, gitar dan Co-composer asal Jordania atau Palestina. Terakhir, Asaf Sirkis, di posisi drum dan vokal asal Inggris.

Festival ini berlangsung pada 9 November 2019 lalu di Dom Policije Sarajevo. Pentas panggung dimulai pukul 20.00 waktu setempat dengan durasi selama satu jam. Penampilan grup multi bangsa ini disambut meriah dan antusias oleh penonton yang memenuhi Dom Policija.

Dalam penampilannya, World Peace Band membawakan beberapa repertoire. Diantaranya, Paris Barantai, folk song dari Kalimantan. Di lagu ini, Dwiki bertindak sebagai arranger. Berikutnya, lagu Arafura dan The Spirit of Peace ciptaan Dwiki.

Dwiki Dharmawan konser di Sarajevo - nalar.id
Dwiki Dharmawan, dan band-nya, World Peace Band menggelar pertunjukkan di Sarajevo pada 9 November 2019 di Dom Policije Sarajevo. NALAR/Jasmin Brutus (Jazz Fest Sarajevo)

Kemudian, ada Rima dan Ramallah hasil aransemen Kamal Musallam. Ramallah, diketahui merupakan lagu tradisional Palestina. Terakhir, lagu Bubuy Bulan ciptaan Benny, dengan dibantu aransemen dari Dwiki.

Akar Identitas

Seluruh nomor lagu yang dibawakan Dwiki dan teman-temannya mendapat antusias dan sambutan luar biasa. Dwiki Dharmawan, Kamal Musallam, Asaf Sirkis, dan Boris Savoldelli begitu interaktif dengan penonton. Mereka terbuai dengan alunan berbagai irama yang bersumber dari akar identitas (root of identity) Indonesia, Mediterania dan Eropa.

Diketahui, Dwiki telah merilis tiga album bersama MoonJune Music yang bermarkas di New York, Amerika Serikat dengan produser Leonardo Pavkovics. Album  tersebut diantaranya Dwiki Dharmawan-So Far So Close (2015), Dwiki Dharmawan-Pasar Klewer (2016) dan Dwiki Dharmawan-Rumah Batu (2018).

Saat ini Dwiki telah menyelesaikan rekaman album terbaru bertajuk Dwiki Dharmawan ‘Hari Ketiga’. Rencananya, album tersebut akan dirilis awal 2020.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Bosnia-Herzegovina, Amelia Ahmad Yani turut hadir menyaksikan penampilan World Peace Band. Ia mengatakan, Dwiki memimpin penampilan band-nya dengan halus, sopan namun memberi keterbukaan dan ruang bagi para musisinya untuk berimprovisasi dan berekspresi secara interaktif dan ekspansif.

“Sungguh luar biasa penampilan mereka. Benar-benar world class dan nama Indonesia menggema di Sarajevo. Penonton kagum, terpukau dan memberi applause untuk ke empat profesional. Saking kagumnya, saya terpukau dan meneteskan air mata haru dan bangga. Selama satu jam, mereka mempertontonkan sebuah harmoni. Terutama ketika Bubui Bulan dinyanyikan oleh Boris Savoldelli dalam bahasa Italia, wah indahnya luar biasa,” kata dubes Amelia Ahmad Yani, kepada Nalar.ID, Jumat (15/11).

Amelia menambahkan, mereka telah melakukan diplomasi untuk perdamaian dunia melalui jaz. Menurutnya, ini sebuah makna universal mengenai perdamaian dunia.

“Saya kagum, haru dan bangga. Terima kasih, Mas Dwiki. You are genious marvellous and low profile. Terima kasih Indonesia,” jelas Dubes Amelia.

Sebelum tampil di Sarajevo pada 7 November lalu, Dwiki dan band-nya tampil terlebih dahulu di Jajce, sebuah kota yang terletak di Bosnia Tengah. Penampilan Dwiki di kota Jajce turut disambut antusias sekitar 500 orang penonton .

Penulis: Erha Randy | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi