Nalar.ID

Alam dan Musik ‘Menikah’ di Jazz Gunung

Nalar.ID, Banyuwangi – Pergelaran musik Jazz Gunung Ijen 2018, atau biasa dikenal dengan Ijen Summer Jazz, sukses mengalun indah di Amfiteater, sebuah kawasan Taman Gandrung Terakota, Jiwa Jawa Resort, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (22/9) malam.

Walau diselimuti hawa dingin, tak membuat ratusan penonton beranjak di kaki Gunung Ijen itu. Pada pergelaran ke-5 di tahun ketiga ini, sejumlah penampil hadir. Mulai dari Shadow Puppets feat. Marcell Siahaan, musisi jaz senior Mus Mujiono, dan Idang Rasjidi, hingga Andien. Termasuk Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Wakil Bupati Yusuf Widiatmoko, Pendiri Jazz Gunung Sigit Pramono, dan Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata Guntur Sakti.

“Jazz Gunung Ijen 2018 diharapkan bisa jadi festival yang mampu menyedot wisatawan, khususnya segmen penggemar musik jaz,” ujar Bupati Anas, dalam keterangan tertulis, belum lama ini.

Suasana Jazz Gunung Ijen 2018  kian hangat karena seniman dan host Djaduk Ferianto, sukses mencairkan suasana dengan guyonan khas Jawa. Dalam penampilannya, Marcell, membawa sederet tembang lawas seperti Nonton Bioskop karya Bing Slamet. Lalu Semusim dan Jangan Pernah Berubah. “Dinginnya Ijen harus saya lawan dengan gerakan lincah agar suasana hangat,” kata Marcell, yang tampil atraktif.

Berikutnya, tampil legenda jaz Tanah Air, Idang Rasjidi dan The Next Generation.  Ia mengiringi Sastrani dan Mus Mujiono lewat lagu-lagu melegenda seperti Arti Kehidupan dan Tanda-tandanya. Koor suara penonton mengiringi sepanjang lagu yang dinyanyikan.

Puncaknya, sekitar pukul 23.30 WIB, Andien, yang tampil elegan berbalut baju hitam merah kotak, sukses menghibur penonton dengan 10 lagu. “Menyenangkan bisa kembali lagi ke Banyuwangi. Dulu, saat honeymoon Gunung Ijen dengan blue fire-nya jadi destinasi favorit kami di beberapa tempat lain di Banyuwangi,” lanjutnya.

Penulis: Erha Editor: Ezar Radinka

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi