Nalar.ID

Ali Zamroni, Sosialisasi 4 Pilar: Pentingnya Tanam Nilai Pancasila Saat Pandemi

Nalar.ID, Jakarta – Anggota MPR RI Fraksi Partai Gerindra Dapil Banten 1, Ali Zamroni menggelar acara ‘Sosialisasi 4 Pilar MPR RI’ pada Kamis (24/9/2020) di Kecamatan Cikeusik, Kabupaten Pandeglang, Jawa Barat.

Sosialisasi ini merupakan amanah konstitusi yang wajib dilaksanakan oleh seluruh anggota MPR RI. Hal ini merujuk UU No 17 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI.

Pelaksanaan ini dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.
Dalam sosialisasi ini, Ali Zamroni mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap menanamkan nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika sebagai wujud kecintaan kepada NKRI selama pandemi Covid-19.

“Adanya transformasi digital di beberapa aktivitas masyarakat, banyak yang kerja dari rumah (work from home). Untuk mahasiswa dan pelajar, belajar di rumah (study at home). Lalu, banyak juga transaksi belanja online. Itu untuk mencegah penyebaran Covid-19 bahkan sampai karantina wilayah (lock down),” kata Ali, kepada Nalar.ID, Sabtu (26/9/2020).

Anggota DPR RI Komisi X Fraksi Gerindra ini mengajak seluruh unsur masyarakat dan anggota DPRD Kabupaten Pandeglang untuk tetap menjaga kesatuan dalam membangun berbagai sektor ketahanan. Terutama di bidang pendidikan, pariwisata, ekonomi dan kesehatan di masa Pandemi dengan protokol kesehatan. Serta memanfaatkan berbagai program bantuan dari pemerintah.

“Kita harus tetap jadi masyarakat berdaya. Menjaga kesatuan untuk bertahan di masa pandemi ini. Usaha dan doa harus dilakukan dan harus memanfaatkan baik bantuan-bantuan program pemerintah di masa pandemi ini, terutama di pendidikan, pariwisata, dan olahraga,” ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, Ali mengajak seluruh elemen, khususnya Anggota DPRD Kabupaten Pandeglang Fraksi Gerindra untuk memperjuangkan akses pendidikan secara merata selama pembelajaran jarak jauh atau daring.

“Khusus pendidikan, kami di komisi X telah memperjuangakn berbagai kemudahan untuk akses pembelajaran jarak jauh. Salah satu program yang sudah diberikan yaitu PIP dan KIP untuk sekolah-sekolah. Adapun kuota gratis dari pemerintah harap dapat digunakan dengan baik,” tambahnya.

Menurutnya, melalui sosialisasi, salah satu tujuan yang ingin dicapai adalah menyegarkan ingatan seluruh warga Indonesia bahwa bangsa Indonesia memiliki empat pilar kebangsaan. Pilar ini untuk menguatkan rasa persatuan dan kesatuan karena banyak permasalahan kebangsaan terjadi di negara ini.

“Sosialisasi ini penting saat kita melihat kondisi kebangsaan akhir-akhir ini. Persatuan dan kesatuan harus terus kita jaga dan pupuk untuk mengahadapi persoalan bangsa, salah satunya wabah Covid-19 sebagai wujud nasionalisme,” tegasnya.

Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan diikuti berbagai elemen masyarakat, Ormas Daerah, dan stakeholder. Acara ditutup dengan ramah-tamah dan temu sapa anggota DPR RI, Ali Zamroni, S.Sos.; Anggota DPRD Provinsi Banten; dan Anggota DPRD Kabupaten Lebak dari Fraksi Gerindra bersama konstituen.

Penulis: Ceppy F. Bachtiar | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi