Nalar.ID

Apa Konsep Pohon Bisnis? Ini Kata Pengusaha Muda Faizal Hermiansyah

Nalar.ID – Nyali dan keberaniannya sebagai pengusaha muda mulai bergulir sejak usia remaja. Tepatnya, 16 tahun. Namanya Faizal Hermiansyah. Ia lahir dari generasi milenial. Gairah dan hasratnya tidak bisa lepas dari jiwa dan karakter sebagai entrepreneurship atau wirausaha.

Dalam usia itu, ia merangkak lewat rintisan bisnis clothing t-shirt (kaos oblong). Sayangnya, bisnis yang ia tekuni tersebut kandas di tengah jalan usai dua tahun lebih berjalan. Redupnya industri tersebut memicu Faizal menghentikan bisnis yang sudah dirintis sejak nol.

Lulusan Sistem Informasi Universitas Budi Luhur, Jakarta, tahun 2014 ini, tidak patah semangat. Ia bangkit dan bergerak. Seusai dua tahun menjadi pegawai kantoran, ia memutuskan berbisnis startup dengan membangun bendera Eight Code Indonesia.

Tularkan Semangat Berwirausaha

Usaha tersebut menargetkan lahan information technology (IT) consultant. Termasuk menyediakan solusi bagi perusahaan mikro, makro, hingga swasta dan perusahaan badan usaha milik negara (BUMN).

Atas kegigihannya itu, pemuda ini terpilih sebagai Ketua Umum HIPMI Perguruan Tinggi (PT) Provinsi Banten. Ia memimpin periode 2017-2020 setelah pelantikan 25 Januari 2017.

Tak sekadar menjadi pelaku bisnis, kelahiran Tangerang, 8 Februari 1993 ini ikut menularkan semangat dan passion-nya berwirausaha kepada para pembaca sekaligus pengusaha muda melalui karya buku buah pikirannya.

Buku berjudul ‘Start From Minus 0 and Business Tree Concept’ ini ia tulis dan disusun sejak April 2017. Dengan sampul kuning dan setebal 250 halaman, buku ini dirilis ke khayalak pada 2 Januari 2018 melalui penerbit Makeda Multimedia Nusantara.

Adapun, buku seharga Rp 100 ribu ini mengisahkan tentang entrepreneur muda meraih kesuksesan di usia 23 tahun. Sekaligus menemukan konsep pohon bisnis.

Melalui buku ini, Faizal ingin bercerita tentang bagaimana memulai bisnis yang baik dengan konsep mindmapping berbentuk pohon (tree).

“Termasuk mencantumkan beberapa ilustrasi menarik dengan komik panel. Ini sangat memudahkan pembaca. Terutama yang akan memulai bisnis,” jelasnya, kepada Nalar.ID, Sabtu (11/5/2019).

Bisnis Berkelanjutan

Ia menambahkan, materi dan konsep buku ini berdasarkan pengalaman pribadinya dengan raihan sukses di usia muda.

“Saya mau mengedukasi kepada para pengusaha pemula. Caranya, dengan memulai usaha yang baik dan berkelanjutan (sustainable),” tambah pemuda yang baru saja diangkat sebagai Wakil Rektor Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI PT ini.

Tidak sendiri. Dalam buku ini, ia juga berkolaborasi dengan penulis best seller motivasi ’25 Spirit of Life 25 Inspirasi dan Motivasi Penggugah Jiwa’ karya M. Syah Fibrika Ramadhan. Di buku ini, Syah, dipercaya sebagai Co-writer.

Lebih lanjut, Faizal, tidak menyangka buku ini berhasil terbit dengan sempurna. Bahkan ia pernah menghentikan penulisan buku ini dengan segala pertimbangan lain.

“Tapi karena dorongan teman, keluarga, dan rekan-rekan bisnis, pengalaman saya berbisnis ini seharusnya dapat dibagikan banyak dan seluas-luasnya,” imbuhnya. Bagi Faizal, pengalaman merupakan guru terbaik bagi generasi muda saat ini.

Penulis: Ceppy F. Bachtiar | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi