Nalar.ID

Asih, Sempalan Sekuel Film Danur Minim Pemain

Nalar.ID, Jakarta – Mengulang kesuksesan film Danur: I Can See Ghost (2017) dan Danur 2: Maddah (2018), rumah produksi MD Pictures dan PIC House Films kembali mengangkat kisah Asih ke layar lebar.

Asih merupakan nama tokoh kuntilanak yang pernah diceritakan di film Danur pertama, Danur: I Can See Ghost. Asih adalah pengasuh wanita yang diperankan oleh Shareefa Daanish. Di film Danur pertama, sosok Asih yang menyeramkan terbilang ikonik.

Film horor ini adaptasi novel karya Risa Saraswati yang disutradarai Awi Suryadi. Ini merupakan spin off (sempalan) dari sekuel sekuel Danur sehingga dikembangkan terpisah dalam bagian Asih.

Diceritakan, Asih merupakan perempuan yang hadir 37 tahun silam sebelum Danur. Asih bunuh diri setelah diusir orang tuanya karena hamil tanpa lelaki. Orang tuanya menganggap ini aib dan mengusir, termasuk warga kampung.

Tak banyak tokoh yang ditampilkan dalam film yang tayang perdana di bioskop pada 11 Oktober lalu ini. Hanya ada tokoh utama Citra Kirana, Darius Sinathrya, Alex Abbad, dan Marini Soerjosoemarno.

“Ini seperti something different. Mereka natural, saya enggak melihat in character pemain saat perform,” kata produser eksekutif MD Pictures Manoj Punjabi, usai jumpa pers di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta, Rabu (3/10).

Syuting dilakukan selama 12 hari di Ciloto, Hambalang, dan Puncak, Jawa Barat. Sebetulnya, Asih menjadi film horor dengan menggunakan pendekatan cerita oleh tim. “Sebenarnya, film ini sudah direncanakan dari Danur pertama tapi waktu itu novelnya masih proses pembuatan (oleh Risa Saraswati, novelis),” kata Awi, sang sutradara.

Hari pertama penayangan, film Asih mengantongi penjualan hingga 190-an tiket. Dengan asumsi rata-rata, tiket seharga Rp 37 ribu, maka film ini sudah mencapai pendapatan kotor lebih dari Rp 7 miliar.

Dari data situs Katalog Film Indonesia, film ini menyebar ke 480-an layar di 71 kota di Indonesia. Sekadar informasi, sekuel pertama, Danur: I Can See Ghost menjadi film horor terlaris kedua di 2017 dengan prestasi 2,7 juta tiket.

Disusul sekuel kedua, Danur 2: Maddah, yang dirilis Maret 2018 mencapai 2,57 juta tiket. Danur 2 menjadi film laris kedua di 2018 setelah Dilan 1990 dengan 6,3 juta tiket.

Penulis: Veronica Cathlea | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi