Nalar.ID

Babak Baru Indonesian Idol 2020

Nalar.ID, Jakarta – Indonesian Idol telah berjalan hingga 10 season selama 17 tahun. Juga sukses melahirkan penyanyi-penyanyi berprestasi di kancah musik Indonesia.

Termasuk Indonesian Idol X, dengan peserta-peserta sarat prestasi. Seperti Lyodra, sebagai ‘Pendatang Baru Terdahsyat’ di Dahsyat Awards 2020 dan nominasi ‘Artis Solo Wanita Pop Terbaik’ di AMI 2020. Kemudian, Tiara dengan penghargaan ‘Penyanyi Cover Lagu Terambyar’ di Ambyar Awards 2020.

Serta single Gemintang Hatiku sebagai ‘Lagu Terdahsyat’ di Dahsyat Awards 2020. Juga masuk nominasi ‘Pendatang Baru Terbaik dan Artis Solo Wanita Pop Terbaik’ di AMI Awards 2020.

Kini Indonesian Idol memasuki babak yang baru dalam Special Season. Di mana audisi yang dilakukan secara online telah menjaring lebih dari 37.000 peserta.

Audisi online ini dilakukan melalui beberapa platform digital seperti MeTube.id, Instagram dan FaceBook. Serta menggandeng beberapa musisi untuk berkolaborasi dalam pencarian calon idola ini, seperti dengan LaleElmanNino, Yovie Widianto dan Weird Genius.

“RCTI selalu komitmen memberikan tayangan terbaik, menghibur dan bermutu untuk masyarakat Indonesia. Terutama di era new normal seperti saat ini, di mana pemirsa butuh tayangan hiburan yang berkualitas. Demi mewujudkan mimpi para calon Idol di Indonesia, RCTI tetap berkomitmen mencari talenta baru di dunia musik Indonesia lewat Online Audition Indonesian Idol,” kata CEO RCTI, Kanti Mirdiati, kepada Nalar.ID.

Strategi RCTI

Kanti menambahkan, meski dalam situasi pandemi Covid-19, tak jadi halangan untuk tetap menghadirkan Indonesia Idol dengan protokol kesehatan yang ketat.

Setelah melalui proses audisi online, para calon peserta bertemu langsung dengan para juri utama. Mereka harus tampil memberikan yang terbaik di hadapan juri, seperti Ari Lasso, Anang Hermansyah, dan Maia Estianty, dan Rossa. Serta Judika juga lahir melalui ajang ini.

Dalam kesempatan yang sama, Managing Director RCTI & Production Director 3 TV, Noersing mengungkapkan strategi RCTI menjadikan Indonesian Idol tetap menjadi ajang pencarian bakat nomor satu.

“Tim produksi dan programming selalu melakukan dan menerapkan ‘hyper innovation’ dari season satu ke season berikutnya dalam seluruh aspek. Antara lain, pemilihan The Winning Formation of Best Judges dan melakukan penyegaran formasi.

Misalnya, dengan masuknya Rossa sebagai juri (yang merupakan The Most Followed Indonesian Pop Female Artist). Serta Boy William, sebagai host (content creator),” ujar Noersing.

Dalam perjalanan di season-season sebelumnya, Indonesian Idol selalu melahirkan idola baru yang dapat membawa warna baru di Industri musik Tanah Air.

“Kami berharap, Indonesian Idol special season tahun ini bisa terus melahirkan idola-idola baru yang siap bersaing dengan musisi Indonesia lainnya,” ucap Dini Putri, Programming & Acquisition Director RCTI.

Penulis: Veronica Dilla | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi