Nalar.ID

Bagi-bagi Saat Ramadhan, Dompet Dhuafa Target Rp 120 M

Nalar.ID, Jakarta – Di Ramadhan 1442 H ini, Dompet Dhuafa menggagas seruan gerakan “Ramadan Ini Saatnya Berbagi Lagi” pada Jumat (26/3/2021). Gerakan tersebut mengajak masyarakat untuk lebih peduli kepada sesama.

Terutama yang terdampak secara langsung atas lesunya ekonomi selama pandemi. Di antaranya dengan menguatkan sendi-sendi ekonomi dalam kehidupan masyarakat. Artinya, untuk melanjutkan keberlangsungan hidup melalui dana zakat, infak, sedekah (ZIS) dan wakaf.

“Pada fase awal Covid- 19, banyak masyarakat terketuk kepeduliannya terhadap masyarakat terdampak. Ini membuat Dompet Dhuafa berupaya meningkatkan rasa kepedulian itu. Artinya, agar mampu menciptakan solusi-solusi dari permasalahan yang ada,” ucap ketua penyelenggara Ramadan 1442 H Dompet Dhuafa Ahmad Faqih Syarafaddin, kepada Nalar.ID, Jumat (26/3/2021).

Dompet Dhuafa menargetkan dapat menghimpun dan mengelola zakat sebesar Rp 120 miliar pada Ramadan tahun ini.

Banyaknya persebaran Covid-19 di Indonesia, mengharuskan Dompet Dhuafa untuk lebih maksimal dalam mengoptimalkan jaringannya di 34 provinsi dan 200 zona layanan di Indonesia. Selain itu juga mengoptimalkan jaringan global Dompet Dhuafa di 30 negara.

Penghimpunan dengan platform digital menjadi salah satu lini utama yang dipersiapkan. Sebab, menjadi penyumbang donasi terbesar. Hal tersebut menandakan perubahan perilaku donatur yang semakin mudah dan instan, karena tidak perlu keluar rumah.

Sementara rasa yakin dan optimis tercapainya target penghimpunan itu pada Ramadan lalu, Dompet Dhuafa berhasil menghimpun dana sebesar Rp 105 Miliar.

Selain itu, Dompet Dhuafa juga akan meningkatkan berbagai program yang terstruktur guna memulihkan perekonomian yang menjadi sendi kehidupan masyarakat berbasis digital seperti.

Mulai dari Sedekah Beras, Indonesia Siap Siaga, Sedekah Quran, Wakaf Alat Kesehatan RS Hasyim Asyari, Bersama Ciptakan Generasi Qur’an, Traktir Makan Saudaramu, Bayar Fidyahmu, Sedekah Subuh, Ramadan Karem Untuk Pengungsi Muslim.

Sedangkan untuk program unggulan, seperti Tebar Zakat Fitrah, Parsel Ramadan, Parsel untuk Tenaga Kesehatan dan Parsel untuk Yatim, akan tetap bergulir sebagai penyemangat aktivitas di tengah pendemi.

“Dompet Dhuafa mengajak seluruh lapisan masyarakat saling berbagi dan berkolaborasi untuk memulihkan dampak ekonomi di masyarakat akibat pandemi. Harapan kami, dalam kondisi pandemi ini, akan kian menjadikan kita solid. Rasa saling bantu terhadap yang membutuhkan akan semakin besar,” ujar Ketua Yayasan Dompet Dhuafa, Nasyith Majidi.

Menjelang usia ke-28, Dompet Dhuafa berkomitmen menunjukkan sebuah pola pengelolaan zakat yang holistik integralistik dalam memberantas kemiskinan berdasarkan masalah paling mendasar.

Selain program pemberdayaan masyarakat di sektor ekonomi, kesehatan, pendidikan dan pengembangan sosial, Dompet Dhuafa juga menjalankan beberapa program intensif.

Di antaranya sosialisasi zakat, layanan dan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, serta tak luput dari respon kebencanaan. Mari berkolaborasi untuk ringankan efek pandemi.

Penulis: Febriansyah | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi