Nalar.ID

Bamsoet: Islam Dukung Kesetaraan dan Keadilan Gender

Nalar.ID, Jakarta – Ketua MPR RI bersama Wakil Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ustadzah Badriyah Fayumi, mendorong Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memasukan lebih banyak materi sejarah perjuangan kaum perempuan dalam muatan pembelajaran peserta didik.

Mengingat Indonesia memiliki banyak tokoh perempuan yang bisa dijadikan teladan. Sekaligus memberikan motivasi kepada generasi penerus bangsa. Khususnya kaum perempuan, tentang arti dan makna sesungguhnya dari jihad memajukan bangsa dan negara.

“Pada abad ke-16 Masehi, bumi Indonesia sudah melahirkan pejuang perempuan luar biasa, Laksamana Malahayati. Ia memimpin sekitar 2.000 pasukan Inong Balee (janda pahlawan yang telah gugur) untuk melawan kolonialisme Belanda. Ia juga berhasil memenangkan pertempuran satu lawan satu dengan Cornelis de Houtman di geladak kapal. Selain itu, ada juga putri Hadratussyaikh KH Hasyim Asy’ari, Nyai Khoiriyah Hasyim, yang mengabdikan dirinya di bidang pendidikan dengan mendirikan dan memimpin pondok pesantren, setelah berpengalaman mendirikan madrasah perempuan di Mekkah. Serta masih banyak tokoh perempuan Indonesia hebat lainnya,” ujar Bamsoet, di Jakarta, Rabu (21/4/21).

Ia mengungkapkan, sebagaimana dijelaskan Ustadzah Badriyah Fayumi, bahwa perempuan memiliki banyak peran dalam berjihad. Peristiwa mengandung, melahirkan, dan menyusui, termasuk bagian dari jihad seorang perempuan.

Karenanya, perempuan tidak perlu ‘termakan’ ajaran menyesatkan yang menjanjikan surga di akhirat kelak dengan terlebih dahulu menjadi teroris.

“Bom bunuh diri maupun tindakan teror lainnya bukanlah bagian dari jihad. Karena sebagaimana dijelaskan Ustadzah Badriyah Fayumi, Jihad yang dipahami secara salah bisa melahirkan tindakan jahat. Tujuan jihad itu menjaga kehidupan, bukan membunuh yang hidup,” ungkap Bamsoet.

Penulis: Febriansyah | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi