Nalar.ID

Bamsoet Terima Lawatan Obor Paskah Nasional XIX, Imbau Umat Kristiani Jaga Persatuan di Tahun Politik

Nalar.ID, JAKARTA – Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo menerima Lawatan Obor Paskah Nasional XIX dari Ketua Lembaga Paskah Nasional Pendeta Dr. A. Sepphard Supit. Sebagai bagian perayaan Paskah Nasional dalam memperkuat pluralitas dan kemajemukan bangsa. Sekaligus menguatkan MPR RI sebagai Rumah Kebangsaan bagi berbagai pemeluk agama.

Pada tahun sebelumnya, Obor Paskah Nasional telah melalui berbagai daerah dan diterima pimpinan daerah setempat. Antara lain, pada tahun 2018 Obor Paskah Nasional singgah di Toraja, diterima Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan; dan di Tapanuli Selatan diterima Bupati Syahrul M Pasaribu.

Tahun 2019 di Poso diterima Bupati Verna G.M. Inkiriwang dan di DKI Jakarta diterima Gubernur Anies Baswedan. Tahun 2022 di Bali diterima Bupati Badung Nyoman Giri Prasta, di Jawa Tengah diterima Gubernur Ganjar Pranowo, di Yogyakarta diterima Kanjeng Ratu Hemas, di Jakarta diterima Gubernur Anies Baswedan dan Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa.

“Penduduk dunia saat ini sudah mencapai 8 miliar jiwa dengan 4.300 agama. Diantara ribuan agama tersebut, 6 agama yang ada di Indonesia merupakan agama-agama yang terpopuler dan menjadi kepercayaan miliaran manusia di muka bumi,” ujar Bamsoet dalam Lawatan Obor Paskah Nasional XIX dan Silaturahmi Kebangsaan di Gedung Parlemen, Jakarta, Sabtu (10/6/23), dalam keterangan diterima Nalar.ID.

Menurut Bamsoet, dari ribuan agama di dunia tersebut, agama terbesar pertama di dunia adalah agama Kristen. Penganutnya mencapai 2,38 miliar atau sekitar 32% dari 8 miliar populasi manusia. Kristen sendiri mempunyai beberapa aliran, diantaranya Protestan, Katolik, dan Ortodoks. Ajaran Yesus Kristus ini sudah lahir sejak tahun 27 M.

Vatikan merupakan kota dengan 100% penduduknya beragama Katolik Roma. Disusul oleh Kepulauan Pitcairn dengan aliran Advent.

Sementara negara dengan umat Kristen berkisar 93 persen, yaitu Samoa, Romania, Timor Leste, Armenia, Venezuela, Yunani, San Marino, Paraguay, El Salvador, Barbados, Papua Nugini, hingga Meksiko.

Islam menduduki posisi kedua sebagai agama terbesar di dunia dengan 2,1 miliar pengikut. Islam juga merupakan agama terbesar di Indonesia, yaitu mencapai 86,7 persen dari total populasi.

Sementara negara dengan penduduk Muslim 100 persen ada di Mauritania, Maladewa, dan Arab Saudi. Sedangkan negara dengan penduduk 99 persen Muslim, yaitu Palestina, Maroko, Yaman, Afghanistan, Iran, hingga Irak.

Secara total, ada sekitar 50 negara dengan mayoritas Muslim di seluruh dunia. Muslim ini terdiri atas aliran Sunni maupun Syiah.

“Konflik atas nama agama di dunia sudah tidak terkira jumlahnya. Di Indonesia, jumlah penduduk mencapai lebih 270 juta jiwa, dengan 6 agama, dan berbagai aliran kepercayaan. Jumlah pemeluk agama islam mencapai 231 juta jiwa, kristen mencapai 29,01 juta jiwa. Kita patut bersyukur mempunyai Pancasila yang menyatukan dalam satu ikatan kebangsaan. Diterima semua paham, golongan, dan kelompok masyarakat. Maka masa depan kebersamaan kita sebagai sebuah bangsa, akan sangat ditentukan oleh kesungguhan mengimplementasikan dan mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ujar Bamsoet.

Editor: Febriansyah

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi