Nalar.ID

Bangkitkan Perekonomian lewat Gerakan ‘Bangga Buatan Indonesia’

Nalar.ID, Jakarta – Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dirancang untuk membangkitkan kembali perekonomian akibat pandemi Covid-19.

Rapat Koordinasi Gernas BBI tahun 2020 beberapa waktu lalu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menaruh kebanggaan atas target yang tercapai. Bahkan melebihi dari target. Menko Luhut menjelaskan bahwa program ini perlu dilanjutkan di tahun 2021.

“Kita harus bangga atas pencapaian meningkatkan kuantitas dan kualitas unit UMKM/KIM onboarding sepanjang 2020. Kita berhasil mencapai target bahkan melebihi target 3,4 juta unit UMKM/KIM per November 2020, yang sebetulnya hanya ditargetkan dua juta unit saja,” kata Luhut, kepada sejumlah media.

Dalam kesempatan serupa, Wakil Menteri Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo mengungkapkan kesiapan mencapai target dengan mempersiapkan program hibah design dan bedah gerai bagi para pelaku UMKM/KIM.

“Kemenparekraf siap untuk ide-ide lokal. Ada program hibah design dan bedah gerai sebagai program. Hibah design berfokus pada bantuan design produk UMKM/KIM. Kemudian bedah gerai berfokus pada infrastruktur gerai UMKM/KIM terkait. Kedua program bertujuan menaikkan nilai produk para penjual UMKM/KIM di daerah terkait. Kami sudah memulai di beberapa daerah. Salah satunya Danau Toba,” kata Angela.

Penulis: Febriansyah | Editor: Radinka Ezar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi