Nalar.ID

Bangun Tol Cisumdawu, Brantas Abipraya Raih Dua Penghargaan Zero Accident

Nalar.ID, JAKARTA – PT Brantas Abipraya (Persero) raih dua penghargaan Zero Accident (kecelakaan nihil) sekaligus dari Kementerian Ketenagakerjaan, pada 22 Juni 2023, lalu untuk pekerjaan Pembangunan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) untuk Seksi 6B dan Seksi 4B.

“Pencapaian ini merupakan kerja keras Insan Abipraya dari level Top Management hingga tim proyek di lapangan sebagai eksekutor. Ini adalah bukti keseriusan Brantas Abipraya dalam menjalankan selalu komitmen K3 dan tentunya untuk menghasilkan karya konstruksi yang unggul,” ujar Muhammad Toha Fauzi, Direktur Operasi 1 Brantas Abipraya, kepada Nalar.ID, Sabtu (24/6/2023).

Ditambahkannya, Tol Cisumdawu merupakan bagian dari Jalan Tol Trans-Jawa yang berada di Jawa Barat dan menghubungkan daerah Bandung, Sumedang, dan Majalengka. Sebagai upayanya dalam menyokong pembangunan infrastruktur jalan nasional, pada pengerjaan tol ini Brantas Abipraya melaksanakan pengerjaan konstruksi Jalan Tol Cisumdawu Seksi 4B, 5A dan 6B.

Sebagai informasi, jalan tol yang nantinya akan mendukung konektivitas Jawa Barat yaitu Subang, Sumedang, Bandung hingga Bandara Kertajati di Majalengka ini dibangun dengan menggunakan skema KPBU yaitu Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha. Brantas Abipraya pun mengantongi 24 persen kepemilikan saham pada joint venture pengerjaan Tol Cisumdawu.

Toha juga mengungkapkan Tol Cisumdawu terdiri dari 6 seksi. Dari keenam seksi, Seksi 1 dan 2 dikerjakan oleh Pemerintah sebagai bagian dari viability gap fund (VGF) guna menaikkan kelayakan investasi tol tersebut. Sementara Seksi 3-6 dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT).

Keenam seksi itu terdiri dari Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan (11,45 km) dan Seksi 2 Pamulihan-Sumedang (17,05 km), Seksi 3 Sumedang-Cimalaka (4,05 km), Seksi 4 Cimalaka-Legok (8,20 km), Seksi 5 Legok-Ujung Jaya (14,9 km), dan Seksi 6 Ujung Jaya-Dawuan.

Penulis: Febriansyah | Editor: Febriansyah

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi