Nalar.ID

Banten Sulit Akses TVRI, Ini Protes Anggota DPR RI Ali Zamroni

Nalar.ID, Banten – Anggota DPR RI Komisi X Ali Zamroni, S.Sos., baru saja menggelar Rapat Komisi X melalui video teleconference dengan Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI, Senin (27/4/2020).

Rapat kali ini membahas mengenai dukungan dan tayangan bidang pendidikan di siaran televisi dalam pandemi Covid-19.

Anggota DPR Dapil Banten 1 ini sangat mengapresiasi program pembelajaran dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI melalui siaran di TVRI sebagai media belajar siswa di masa pandemi.

Perwakilan Stasiun

Dalam rapat bersama tersebut, Ali menyampaikan sejumlah kritik dan masukan kepada TVRI. Masukan ini terkait dengan pemenuhan kebutuhan informasi di Provinsi Banten yang masih belum terjangkau hingga kini.

“Perwakilan stasiun TVRI di Provinsi Banten sampai saat ini belum ada. Padahal sebagai provinsi yang berbatasan langsung dengan Ibukota, seharusnya Provinsi Banten sudah memiliki perwakilan stasiun TVRI sejak lama. Ini harus segera diatasi,” tegas Ali, kepada Nalar.ID, Senin (27/4/2020).

Anggota DPR, Ali Zamroni, S.Sos. NALAR/Dok.pribadi

Hal penting lainnya, lanjut Ali terkait dengan kebutuhan masyarakat daerah pemilihannya, yaitu Kabupaten Lebak dan Pandeglang. Pasalnya, di wilayah tersebut masih banyak kecamatan yang belum dapat mengakses siaran TVRI.

Ironisnya, untuk mengakses siaran tersebut, masyarakat harus menggunakan sistem parabola. Sementara tidak semua masyarakat memiliki alat tersebut.

“Tayangan bidang pendidikan sat pandemi ini menjadi alternatif bagi masyarakat dan seluruh siswa untuk tetap mendapatkan edukasi yang baik dan lancar. Tapi juga harus diperhatikan, apakah ini sudah dapat tersebar secara merata kepada masyarakat di seluruh wilayah Indonesia?,” tanya Ali.

Inovasi

Ia mengungkapkan masih banyak masyarakat yang terhambat oleh berbagai persoalan sederhana hanya untuk sekadar mengakses siaran televisi.

Ia pun berharap TVRI dapat lebih meningkatkan inovasi agar masyarakat mudah mengakses siaran televisi milik pemerintah ini.

Diketahui, dua persoalan pokok ini menjadi catatan penting Ali dalam Rapat Komisi bersama LPP TVRI. Pasalnya, masyarakat di seluruh wilayah Indonesia harus tetap mendapatkan informasi dan edukasi yang memadai.

“Saya sangat berharap dan mendorong agar TVRI segera berkoordinasi dengan pemerintah Provinsi Banten agar bergerak cepat merealisasikan keinginan masyarakat untuk disediakan stasiun TVRI di Provinsi Banten. Ini untuk pemenuhan kebutuhan siaran informasi, “ tutupnya.

Penulis: Ceppy F. Bachtiar | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi