Nalar.ID

Banyak Dicari, Ini 10 Skill Dunia Teknologi Saat Ini

Nalar.ID, Jakarta – Kini,muncul perusahaan rintisan digital atau startup membuka peluang banyak pekerjaan di dunia teknologi. Startup baru, terlebih yang sudah besar butuh tenaga-tenaga ahli di bidang teknologi.

Selain startup digital, perusahaan konvensional saat ini berlomba mencari sumber daya manusia yang cakap teknologi. Hal ini demi mengoptimalkan operasional perusahaan.

Belakangan, penyedia layanan analisis pasar kerja, Burning Glass Technologies, publikasi hasil studi terkait keterampilan yang paling banyak dicari di dunia teknologi informasi (TI).

Sebagian jenis pekerjaan di daftar itu, boleh dibilang jenis pekerjaan yang baru muncul lima tahun terakhir.

Ada 10 skill masuk kategori disruptor. Alias keterampilan yang paling banyak di cari saat ini. Serta diprediksi berprospek bagus lima tahun mendatang. Pekerjaan itu, di antaranya keterampilan yang melibatkan DevOps dan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

“Bidang keterampilan itu tersebar di banyak industri dan pekerjaan berbeda. Salah satu paling banyak ialah di perusahaan startup,” tulis laporan Burning Glass.

Selain banyak dicari, pekerjaan yang masuk daftar ini berprospek gaji besar. Di studi disebut, perusahaan rela menawarkan gaji tambahan hampir 25.000 dolar AS per tahun (sekitar Rp 352 juta) untuk para profesional yang mampu merancang otomatisasi operasional menggunakan teknologi.

Ada pula, perusahaan yang siap memberi tambahan 14.000 dolar AS (sekitar Rp 197 juta) setahun bagi mereka yang memiliki kemampuan di bidang AI dan Machine Learning.

Berikut 10 skill di dunia TI paling banyak dicari, versi Burning Glass:

Quantum Computing

Keterampilan yang berkaitan dengan membangun dan memanfaatkan komputer kuantum dan aplikasinya.

Connected Technologies

Keterampilan berkaitan dengan Internet of Things (IoT) dan alat fisik yang terhubung. Serta infrastruktur telekomunikasi yang diperlukan untuk mengaktifkannya, seperti 5G.

Fintech

Keterampilan yang berkaitan dengan teknologi blockchain dan lainnya. Bertujuan untuk membuat transaksi keuangan lebih efisien dan aman.

AI dan Machine Learning

Keterampilan terkait pengembangan dan pemanfaatan program, alat, dan solusi. Didukung algoritma dan teknologi lain. Secara otomatis merespon dan meningkat berdasar pengalaman atau data sebelumnya.

IT Automation

Keterampilan terkait kegiatan mengotomatisasi dan mengatur proses dan alur kerja digital.

Natural Language Processing

Keterampilan pengembangan solusi dan teknologi. Dibangun di atas pemrosesan bahasa alami yang diaktifkan mesin.

Proactive Security

Keterampilan mengamankan dan melindungi infrastruktur digital secara proaktif dari cybercriminal. Serta mencegah serangan dunia maya.

Software Development Methodologies

Keterampilan terkait Agile, DevOps, dan pendekatan lain guna mengembangkan perangkat lunak secara cepat, efektif, dan aman.

Cloud

Keterampilan terkait pengembangan, penerapan, dan pengamanan infrastruktur dan strategi komputasi awan.

Parallel Computing

Keterampilan terkait pelaksanaan proses komputasi secara bersamaan. Penulis studi mengatakan, laporan ini adalah hasil pengamatan lebih dari 1,7 juta lowongan pekerjaan di Amerika Serikat.

Dari situ, penulis mengelompokkan keterampilan teknologi yang serupa ke bidang keterampilan terkait di AS. Serta menilai prospek pertumbuhan dari setiap bidang keterampilan selama lima tahun ke depan.

Penulis: Febriansyah | Editor: Febriansyah

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi