Nalar.ID

Basarnas Tanam 500 Bibit Mangrove

Nalar.ID, Jakarta – Badan SAR Nasional (Basarnas) Bandung menanam 500 bibit pohon mangrove di Pantai Pondok Putri, Desa Legok Wetan, Kecamatan Legonkulon, Kabupaten Subang, Senin, 7/2/2022. Penanaman bibit itu sebagai upaya pencegahan terjadinya abrasi dan sedimentasi di kawasan pantai.

Penanaman bibit mangrove ini dalam rangka memperingati HUT Basarnas ke-50. Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansah dalam sambutannya berharap, penanaman mangrove ini semoga bisa berdampak positif bagi lingkungan sekitar, menciptakan ekosistem yang baru, dan sebagai salah satu bentuk peduli terhadap mitigasi cuaca.

“Basarnas Bandung bersama sama stakeholder terkait menanam 500 bibit pohon mangrove sebagai cikal bakal dan manfaat mangrove bisa terwujud, lingkungan pantai setempat jauh dari abrasi serta sedimentasi tidak terlalu cepat,” kata Deden Ridwansah.

Adapun HUT Basarnas ke 50 jatuh pada tanggal 28 Februari 2022. Basarnas melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan, diantaranya kompetisi olahraga, sarasehan, dan bakti sosial yang salah satunya adalah penanaman mangrove. Tanaman mangrove berfungsi sebagai pencegah abrasi dan pengikisan kawasan pesisir pantai.

Penulis: Febriansyah | Editor: Radinka Ezar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi