Nalar.ID

Batik Air Layani Kembali Rute Jakarta-Kuala Lumpur

Nalar.ID, Tangerang – Batik Air, member of Lion Air Group, mulai 27 Juni 2022 mendatang membuka rute penerbangan internasional tanpa henti (non-stop) kategori full/premium service airlines dari Jakarta melalui Terminal 3 Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten ke Kuala Lumpur melalui Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur KLIA, Malaysia.

Dalam siaran pers diterima Nalar.ID, Batik Air berharap rute internasional Jakarta-Kuala Lumpur-Jakarta akan mendukung percepatan pemulihan perekonomian secara regional (kedua negara) di kawasan Asia Tenggara dalam upaya membantu menggerakkan sektor perdagangan, pariwisata serta sektor yang lain.

Menurut Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro, Batik Air optimis, rencana terbang perdana kembali dengan jadwal keberangkatan dan kedatangan yang tepat akan semakin mempermudah mobilitas para tamu (pelancong dan pebisnis) secara langsung Jakarta ke Kuala Lumpur PP.

“Kemudahan penerbangan menuju Malaysia dinilai lebih cepat sesuai kebutuhan, dari berbagai kota di Indonesia seperti Medan, Pekanbaru, Padang, Palembang, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Lombok, Kupang, Pontianak, dan Palangkaraya. Lalu, Banjarmasin, Balikpapan, Tarakan, Makassar, Palu, Kendari, Manado, Ternate, Ambon, Sorong, Manokwari, Jayapura dan kota lainnya dengan singgah (transit) terlebih dahulu di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta,” ujar Danang Mandala Prihantoro.

Rute internasional Jakarta ke Kuala Lumpur menawarkan keuntungan dengan kemudahan ‘berkeliling dunia’ dengan melanjutkan  penerbangan (connecting flight) melalui KLIA. Pebisnis dan pelancong terhubung oleh jaringan favorit Batik Air (kode penerbangan OD) ke negara bagian.

Di antaranya, Malaysia (Johor Bahru, Kota Kinabalu, Kuching, Labuan, Penang, Sandakan, Tawau, Langkawi); Vietnam (Hanoi, Ho Chi Minh City); Singapura; Thailand (Phuket, Bangkok–Don Mueang); Kamboja (Phnom Penh); Myanmar (Yangon); Sri Lanka (Colombo–Bandaranaike), India (New Delhi, Hyderabad, Tiruchirappalli); Bangladesh (Dhaka); Nepal (Kathmandu); Pakistan (Lahore); China/ Tiongkok (Guangzhou, Hong Kong);  Taiwan (Taipei-Taoyuan); Australia (Melbourne, Perth, Sydney, Brisbane) dan kota-kota lainnya.

Kemudian, kota tujuan Batik Air dari KLIA seperti Kochi dan Mumbai (mulai 1 Agustus 2022), Bengaluru (mulai 2 Agustus 2022), dan Amritsar (mulai 9 September 2022). 

Batik Air senantiasa mengimbau seluruh tamu yang akan melakukan penerbangan agar selalu mengikuti ketentuan protokol kesehatan dan memastikan telah memenuhi persyaratan perjalanan sesuai persyaratan terbaru yang ditetapkan oleh masing-masing negara atau kota tujuan.

Rute berjadwal Jakarta – Kuala Lumpur – Jakarta menjadi rute kedua antarnegara yang dibuka kembali oleh Batik Air. Batik Air senantiasa menganalisis pasar sejalan pengembangan bisnis yang dijalankan secara bertahap. Batik Air optimis, permintaan pasar penerbangan internasional akan terus menunjukkan tren peningkatan permintaan dan pergerakan positif.

Batik Air akan meningkatkan perluasan rute internasional dalam mendukung pengembangan konektivitas pebisnis, pelancong dan logistik berbagai negara yang terhubung dari Indonesia.

Pasar penerbangan melalui penghubung (hub) Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta dan Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur akan memperkuat daya saing potensi perdagangan global yang lebih cepat dan tepat.

Penerbangan rute Jakarta – Kuala Lumpur – Jakarta, Batik Air akan mengoperasikan pesawat Airbus A320 (12 kursi kelas bisnis dan 144 kursi kelas ekonomi) dan Boeing 737-800NG (12 kelas bisnis dan 156 kelas ekonomi). Armada ini merupakan generasi modern dan baru yang dikirim dari pabrikan pesawat.

Seluruh armada dilengkapi High Efficiency Particulate Air (HEPA) filter atau penyaringan partikel yang kuat. HEPA filter membantu menjaga kebersihan udara di kabin dan menyaring lebih dari 99,9% jenis virus, kuman, serangga dan bakteri. Udara di dalam kabin pesawat diperbarui setiap 2-3 menit, sehingga lebih segar. Siklus udara dari toilet (lavatory) dan dapur (galley) langsung dialirkan ke luar pesawat.

Peningkatan kegiatan kebersihan dan sterilisasi pesawat udara secara berkala dengan metode Aircraft Exterior and Interior Cleaning (AEIC) dijalankan di pusat perawatan pesawat Batam Aero Technic (BAT) dan di berbagai basis bandar udara (base station)

Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi