Nalar.ID

Bawaslu Ini Raih Inovasi Pengawasan Pemilu Terbaik se- Indonesia

Nalar.ID – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Riau meraih Juara pertama dalam kategori Inovasi Pengawasan Pemilu Terbaik se-Indonesia pada Bawaslu Award 2019 di Kasablanka Hall, Jakarta Selatan, Jumat (25/10) pukul 19.00 WIB. Diketahui, Bawaslu Award adalah ajang penghargaan bergengsi pada pengawasan pemilu di Indonesia. Ajang ini diadakan Bawaslu RI usai melaksanakan pengawasan Pemilu.

Bawaslu Riau  meraih dua penghargaan sekaligus dari 12 Kategori yang diperebutkan oleh Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota se-Indonesia. Diantaranya, Juara Pertama pada kategori Inovasi Pengawasan Pemilu diraih oleh Bawaslu Riau. Serta Juara Ketiga kategori Kinerja Pengawasan Terbaik diraih oleh Bawaslu Kabupaten Kep. Meranti Riau.

12 Kategori

Adapun 12 Kategori yang dilombakan adalah Kategori Kinerja Pengawasan Terbaik, Inovasi Pengawasan Terbaik, Fungsi Hubungan Masyarakat dan Hubungan antar lembaga Terbaik, Pebgelolaan PPID Terbaik, Inovasi Pencegahan Terbaik, Penanganan Pelanggaran Terbaik, dan Sentra Gakkumdu Terbaik.

Berikutnya, kategori Penanganan Pelanggaran Administrasi Terbaik, Mediator Terbaik, Penyelesaian Sengketa Terbaik, Penyusunan dan Pemberian Keterangan di MK Terbaik, dan Tata Kelola Sumber Daya Manusia Terbaik. Sementara itu Bawaslu Bawaslu Kabupaten Kepulauan Meranti berhasil meraih Juara Ketiga pada Kategori Kinerja Pengawasan Terbaik tingkat Kabupaten/Kota se-Indonesia.

415 Kabupaten

Bawaslu Award 2019 ini di hadiri oleh 34 Provinsi dan 415 kabupaten/kota se-Indonesia yang terdiri ketua dan anggota Bawaslu Provinsi dan Kab/Kota, serta Kepala Sekretariat se-Indonesia. Tujuan Bawaslu Award 2019 dilaksanakan, yakni sebagai bentuk apresiasi Bawaslu RI kepada jajaran pengawas pemilu di tiap tingkatan.

Usai menerima piagam penghargaan dan trophi, Rusidi mengungkapkan rasa syukur atas raihan tersebut. “Ini hasil kerja seluruh lapisan pengawasan se-Riau,” katanya. Selanjutnya Rusidi mengajak seluruh jajaran pengawas pemilu di Riau untuk lebih inovatif lagi dalam Pilkada tahun 2020.

Penulis: Febriansyah | Editor: Radinka Ezar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi