Nalar.ID

BCA dan Presdir Jahja S. Dinobatkan Bank of The Year&CEO of The Year AP2023

Nalar.ID, JAKARTA – Pertumbuhan kinerja keuangan yang konsisten, good governance, hingga solidnya portofolio pembiayaan berkelanjutan, kembali menjadi modal utama BCA untuk meraih pengakuan yang membanggakan di tingkat nasional dan internasional.

Kali ini, pengakuan tersebut datang dari The Asian Banker yang menganugerahkan 2 predikat sekaligus dalam ajang The Asian Banker Leadership Achievement Awards 2023, yaitu CEO of the Year in Asia Pacific for 2023 dan Bank of the Year in Asia Pacific for 2023.

Hadir untuk menerima penghargaan adalah Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja dan Direktur BCA Frengky Chandra Kusuma di Bangkok (13/6/2023), lalu.

Pemenang pada penghargaan ini dinilai berdasarkan penilaian komprehensif dan transparan dari The Asian Banker meliputi empat kriteria utama, yaitu kinerja keuangan bisnis, pencapaian dalam mengatasi tantangan, komunikasi rencana bisnis strategis, dan kekuatan serta komitmen tim dalam kolaborasi menuju visi bersama.

The Asian Banker menggarisbawahi pertumbuhan kinerja BCA dengan posisi rasio keuangan yang solid. Pada akhir 2022, BCA melaporkan return on equity (RoE) sebesar 24,7% dan return on asset (RoA) sebesar 3,7%.

Operasional BCA juga tercatat efisien dengan cost-to-income ratio (CIR) yang membaik sebesar 32,5%. Risiko kredit juga terjaga dengan rasio non-performing loan (NPL) sebesar 1,8%. Adapun laba bersih meningkat 29,6% secara tahunan (YoY) menjadi US$2,9 miliar.

“Kondisi saat ini yang diwarnai dengan berbagai tantangan, menjadi suatu ujian atas ketahanan model bisnis yang dimiliki oleh BCA. Memiliki model bisnis yang teruji, memungkinkan kami untuk kembali menghasilkan kinerja keuangan yang solid. Sepanjang tahun, BCA fokus dalam mengoptimalkan berbagai peluang usaha dengan tetap mempertahankan prinsip kehati-hatian. Kami senantiasa mendorong penyaluran kredit untuk mendukung pemulihan perekonomian Indonesia,” ujar Jahja Setiaatmadja, dalam keterangan tertulis diterima Nalar.ID, Kamis (29/6/2023).

Editor: Febriansyah

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi