Nalar.ID

Begini Proses RCTI Bawa TikTok ke Panggung Televisi

Nalar.ID, Jakarta – Kesuksesan TikTok Awards Indonesia 2020 yang digelar Sabtu (30/1/2021) malam tidak lepas dari RCTI. Sebagai stasiun televisi swasta pionir awarding, RCTI mampu bekerja sama dengan TikTok, sebagai platform destinasi video singkat.

Belum lagi penyelenggaraan tersebut digelar secara langsung di salah satu studio tercanggih dan terbesar di Asia, yaitu Studio RCTI+, Kebon Jeruk, Jakarta. 

Diketahui, TikTok Awards Indonesia 2020 merupakan ajang penghargaan untuk para kreator TikTok di Indonesia yang telah menghasilkan tayangan video singkat kreatif, menghibur, seru, dan inspiratif bagi masyarakat luas sepanjang tahun 2020. 

Ada 14 kategori diberikan kepada para pemenang. Terdiri atas 6 kategori Public Vote. Di kategori ini, pemenang berdasarkan vote terbanyak masyarakat. Sementara, di 8 Kategori Judges Pick, kategori berdasarkan penilaian juri.

Menariknya, ajang ini turut memancing reaksi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Tak hanya mengapresiasi dan hadir di acara malam puncak, Sandiaga bahkan didaulat sebagai dewan juri di TikTok Awards Indonesia 2020.

Saluran Kreatifitas

Menparekaf Sandiaga Uno mengungkapkan bahwa TikTok merupakan platform yang tak hanya menghibur namun juga mengedukasi.

“Menghibur dan sebagai alat mengedukasi dalam memberikan informasi tentang destinasi pariwisata. Untuk sisi ekonomi kreatif, ini sebagai profesi baru, yaitu content creator,” kata Sandiaga.

Sandiaga berharap, ajang ini dapat mencetak lebih banyak lapangan pekerja. Sekaligus mempromosikan destinasi wisata terbaik di Indonesia dan mendorong ekonomi kreatif.

Di tempat yang sama, Chairwoman MNC Group Liliana Tanoesoedibjo mengatakan, dirinya melihat anak-anak muda kreatif melalui TikTok. Sebab, kreatif mereka bisa disalurkan dan dihargai. 

Sekadar informasi, sebelumnya belum pernah ada media stasiun televisi bersama sebuah platform digital menggelar ajang penghargaan seperti TikTok Awards Indonesia 2020.

Hal ini dibenarkan oleh Managing Director RCTI dan Production Director 3 TV, Noersing. Ia menyatakan ide tersebut pihaknya garap bersama tim programming dan produksi.

“Intinya, bagaimana di masa pandemi ini memberikan sebuah wadah. Apa lagi TikTok makin populer. Sebelumnya ada di aplikasi, sekarang kita bawa ke panggung televisi,” ujar Noersing.

Penulis: Veronica Dilla | Editor: Febriansyah

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi