Nalar.ID

Belanja Produk Kreatif Lokal Demi Genjot Ekonomi Lokal

Nalar.ID, Pangkalpinang – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendorong masyarakat yang melakukan mudik pada libur Lebaran tahun 2022 agar berbelanja produk kreatif lokal. Sebab, dapat mempercepat kebangkitan ekonomi lokal yang diprediksi mencapai Rp72 triliun secara nasional. 

Dalam keterangan diterima Nalar.ID, Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan, pemerintah tahun ini memperbolehkan masyarakat untuk mudik setelah dua tahun tidak terlaksana seiring tertanganinya dengan baik pandemi Covid-19. 

“Kami sudah menghitung (mudik) akan berdampak antara 20 sampai 25 persen terhadap ekonomi lokal,” ujar Menparekraf Sandiaga Uno.  

Oleh karena ia mendorong para pemudik, khususnya mereka yang akan pulang ke Kepulauan Bangka Belitung agar dapat berbelanja produk kreatif lokal. Di sisi lain para pelaku kreatif juga harus bisa mempersiapkan diri dengan menyiapkan produk-produk yang berkualitas dan berkelanjutan. 

“Jangan hanya mudik dan ‘rohali’ atau rombongan hanya lihat-lihat, tapi harus jadi ‘rojali’ rombongan yang jadi beli,” tambahnya. 

Adapun, Pemerintah memperkirakan perputaran ekonomi saat momen libur lebaran tahun 2022 akan mencapai Rp72 triliun. Diperkirakan, angka itu bisa lebih tinggi, mengingat durasi libur dan cuti bersama pada momen libur lebaran tahun ini cukup panjang. 

“Sehingga dampak Rp72 triliun terhadap ekonomi daerah ini bisa kita realisasikan, (produk ekonomi kreatif) ini menggerakkan ekonomi jika dibeli oleh para pemudik. Jadi, yang mudik ke Bangka, balik ke sini, beli produk lokal baik kuliner kriya, fesyen, dan produk unggulan ekonomi kreatif Bangka Belitung lainnya,” katanya. 

Sementara di sisi lain ia mengingatkan agar pelaku ekonomi kreatif tidak memanfaatkan momen libur lebaran 2022 secara berlebihan dengan menaikkan harga jual produk.

“Menaikkan itu pantas, tapi harus wajar. Karena kalau ‘getok harga’ orang akan kapok. Belajar dari pengalaman para usahawan yang sukses, mereka lebih baik untungnya lebih sedikit tapi memanjang. Kalau untungnya besar tapi hanya di satu kali lebaran, mereka akan dirugikan. Itu pesan saya kepada pelaku usaha dan UMKM di daerah,” katanya. 

Dalam mendorong kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja di Kepulauan Bangka Belitung, Sandiaga Uno juga menegaskan komitmen untuk menghadirkan dan mendukung berbagai event berkualitas dan berkelanjutan. Baik skala daerah, nasional, dan internasional. 

“Akan kami coba pasarkan bersama-sama dalam konsep kolaboratif,” sambungnya. 

Adapun event-event itu, di antaranya Indonesia Triathlon Series di Belitung. Serta beberapa event yang masuk Kharisma Event Nusantara di Bangka yang dirangkaikan dengan desa wisata. 

Selain itu di Belitung juga telah ditetapkan satu event berskala internasional, yakni pertemuan tingkat menteri G20 pada September mendatang. “Harapannya event-event itu akan bangkitkan perekonomian dan membuka lapangan kerja,” tutupnya. 

Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi