Nalar.ID

Bentuk Tim Mitigasi Kesehatan Bencana Pemilu 2019, Ini Target MER-C

Nalar.ID – Dalam dua pekan pasca Pemilu 2019, selain suguhan angka perolehan masing-masing calon presiden dan wakil presiden atau calon legislatif, ada fakta-fakta terbaru.

Yang memprihatinkan, kemunculan angka-angka petugas KPPS sakit hingga tewas. Jumlahnya mencengangkan. Update hingga Kamis (2/5), petugas KPPS yang tewas mencapai 412 orang. Sementara, sakit 3.658 orang. Total korban 4.070 orang. Angka ini tersebar di 30 provinsi di Indonesia. Jumlah ini kian bertambah.

MER-C Indonesia prihatin dan berduka. Mereka berharap, kejadian ini menjadi perhatian serius pemerintah. Dalam siaran tertulis yang diterima Nalar.ID belum lama ini, lembaga sosial kebencanaan dan kegawatdaruratan medis MER-C Indonesia berpandangan.

“Pertama, membentuk Tim Mitigasi Kesehatan Bencana Pemilu 2019. Tim terdiri atas dokter-dokter berbagai keahlian. Spesialis penyakit dalam, kardiologi, rehabilitasi medik, kedokteran kerja, neurologi, forensik hingga psikolog,” tulis, siaran tertulis, kepada Nalar.ID.

Kedua, membuka call center Tim Bantuan Penanganan Medis Petugas Pemilu 2019 untuk area Jabodetabek. Rencananya, dalam pola penanganan bencana mass casualties, MER-C, melalui dua hal tersebut, akan menawarkan pendampingan terhadap para korban yang perlu penanganan intensif.

“Dipilih pasien berisiko buruk. Ini mencegah jatuh korban meninggal lebih besar. Tim melakukan triage guna mencegah jatuh korban,” jelasnya.

Dalam penjelasannya, tim MER-C akan triage ke sejumlah wilayah. Seperti di Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah. Ketiga wilayah itu ialah jumlah petugas KPPS tewas terbesar pertama dan kedua.

Tim MER-C juga akan berkoordinasi dengan para dokter yang merawat petugas di rumah sakit setempat. Serta organisasi profesi terkait untuk penanganan korban yang lebih komprehensif.

Penulis: Febriansyah | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi