Nalar.ID

Bhinneka Culture Festival 2023: Dorong UKM Tembus Pasar Ekspor

Nalar.ID, JAKARTA – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan, pembinaan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) dapat meningkatkan keterampilan dan produktivitas. Mendag Zulkifli Hasan berharap agar para pelaku UKM dapat terus meningkatkan kualitas produk-produk yanUKg dihasilkan.

Hal ini disampaikan Mendag Zulkifli Hasan saat membuka Bhinneka Culture Festival ke-2 di Pantai Jerman, di Kuta, Bali, hari ini, Jumat (23/6). Bhinneka Culture Festival ke-2 diselenggarakan oleh Banjar Segara Kuta dengan Gerakan Bhinneka Nasionalis (GBN).

“Pembinaan UKM dapat meningkatkan keterampilan dan produktivitas serta kualitas produk yang dihasilkan. Dengan dukungan dari perbankan dan pembiayaan, diharapkan teman-teman UKM bisa berkembang tidak hanya di pasar lokal, tetapi juga bisa ekspor. Inilah yang menjadi misi Bhinneka Culture Festival dengan melibatkan pelaku UKM,” jelas Mendag Zulkifli Hasan, dalam keterangan resmi kepada Nalar.ID, Sabtu (24/6/2023).

Di acara tersebut, Mendag Zulkifli Hasan juga menyampaikan, pelaku UKM yang kompeten dapat mengikuti kegiatan promosi ekspor yang dilaksanakan Kemendag, salah satunya ajang Trade Expo Indonesia (TEI) di bulan Oktober mendatang.

“Kami mengundang buyer dari berbagai negara untuk hadir di TEI. Tidak hanya itu, Kemendag juga membuka kesempatan bagi pelaku usaha terpilih untuk berpartisipasi pada berbagai pameran dagang internasional yang diselenggarakan di luar negeri,” imbuhnya.

Selain promosi ekspor dengan partisipasi pameran, Kemendag melaksanakan berbagai kegiatan dalam program pengembangan ekspor nasional, di antaranya pengiriman misi dagang, penjajakan bisnis, pengembangan produk ekspor melalui sertifikasi dan pendampingan desain, penyediaan layanan informasi ekspor melalui platform Inaexport & InaDigiExport, hingga kerja sama pengembangan ekspor dengan berbagai lembaga internasional.

Penulis: Febriansyah | Editor: Febriansyah

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi