Nalar.ID

Bingung Startup Unicorn? 4 Film Ini Cocok Rekomendasi

Nalar.ID‘Unicorn? Yang online-online itu, kan?’, tanya Prabowo Subianto, menjawab pertanyaan yang diajukan Joko Widodo (Jokowi), pada Debat Capres 2019 putaran kedua, Minggu (17/2) di Jakarta. Pembahasan mengenai startup unicorn tersebut viral di media sosial.

Capres 01, Joko Widodo, mengajukan pertanyaan terkait perkembangan startup unicorn kepada lawannya, Capres 02, Prabowo Subianto. Jawaban paslon 02, sedikit kesulitan dalam menanggapi pernyataan paslon 01 tentang pengertian unicorn itu.

Dilansir dari Play Stop Rewatch, berikut rekomendasi daftar film yang bisa ditonton tentang startup unicorn.

The Social Network (2010)

Film ini cerita awal lahir media sosial Facebook. Tentang perjalanan hidup si pendiri, Mark Zuckerberg. Cerita dimulai dari kencan yang gagal. Ia melampiaskan emosi dengan membuat kanal facemash.com.

Isinya membandingkan dua mahasiswi Harvard University untuk dipilih sesuai selera kepada mereka yang mengakses situs itu. Perubahan terus terjadi. Sampai akhirnya situs berganti jadi Facebook yang kita kenal sekarang ini.

 

Crocodile in The Yangtze (2012)

Ini film dokumenter biografi. Menceritakan perjalanan Alibaba dari sudut pandang Vice President Alibaba Group, Porter Erisman, tahun 2000 – 2008. Jack Ma memulai Alibaba dari apartemen.

Akhirnya mampu menempati gedung bertingkat yang menampung ribuan pegawai. Boleh dibilang, Alibaba telah mencapai status unicorn. Keberhasilan Jack bisa menyaingi perusahaan e-commerce sebesar eBay asal Amerika Serikat.

 

Jobs (2013)

Siapa tak kenal produk Apple? Film ini menceritakan Steve Jobs membangun perusahaan raksasa itu. Semua dimulai dari garasi rumah kecil. Meski ada film lain berjudul Steve Jobs (2015) dengan plot sama, tapi Play Stop Rewatch merekomendasikan menonton film versi ini. Pasalnya, bisa menghadirkan sosok Steve yang lebih realistis.

Sundul Gan: The Story of Kaskus (2016)

Jauh sebelum kemunculan Tokopedia, Go-JekTokopedia, Bukalapak, dan Traveloka, di Indonesia sudah memiliki Kaskus. Ia salah satu startup dan komunitas pertama terbesar di Indonesia. Film ini menceritakan Ken Dean Lawadinata dan Andrew Darwis.

Meskipun Kaskus belum mencapai status unicorn, siapa tidak kenal istilah di Kaskus: ‘Gan’, ‘Cendol’, ‘Maho’, dan lainnya. Kaskus juga pelopor berdirinya jual-beli online melalui FJB (Forum Jual Beli). Setelah itu, lahir e-commerce seperti Tokopedia yang mengadopsi ide ini di Indonesia.

 

Penulis: Febriansyah | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi