Nalar.ID

BMKG: April Masih Potensi Hujan Lebat, Masyarakat Diminta Waspada

Nalar.ID – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG)  mengeluarkan rilis peringatan dini cuaca terbaru Kamis (18/4) hingga dua hari kedepan, atau 20 April mendatang.

Berdasarkan pengamatan BMKG, wilayah NTB dan NTT menjadi wilayah yang diperkirakan tidak turun hujan selama dua hari kedepan. Menurut pantauan BMKG, massa udara basah lapisan rendah terkonsentrasi di sebagian besar wilayah Indonesia kecuali NTB dan NTT.

Walaupun sudah memasuki awal musim kemarau tetapi masih ada beberapa wilayah yang memiliki potensi hujan lebat sampai dua hari kedepan hingga 20 April, diantaranya Sumatera Utara, Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Papua Barat dan Papua.

Sedangkan untuk wilayah lain harus diwaspadai terjadinya hujan lebat dan disertai angin kencang, kilat atau petir, yakni Aceh, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan. Selain itu untuk 20 April depan, potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang akan meluas ke Sulawesi Utara dan Maluku.

BMKG selalu mengimbau untuk selalu waspada pada dampak terjadinya hujan lebat yang disertai angin kencang dan kilat atau petir. Terutama karena dapat akibat pada pohon atau baliho tumbang, banjir, maupun genangan. BMKG akan terus meng-update informasi peringatan dini cuaca dan menginformasikan kepada masyarakat.

Penulis: Erha Randy | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi