Nalar.ID

BUMDes Didesain dalam Memakmurkan Desa

Nalar.ID, Jakarta – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) pada level gagasan didesain untuk memakmurkan desa. Harapannya, BUMDes memunculkan sentra ekonomi baru bagi yang memajukan perekonomian desa.

Namun, lanjutnya, kini regulasi BUMDes sudah masuk UU Cipta Kerja. Tinggal memperkuat aturan turunan, agar eksistensi BUMDes betul-betul membawa maslahat bagi masyarakat desa.

“BUMDes masuk regulasi Cipta Kerja. Aturan turunannya harus diperkuat agar BUMDes ini betul-betul menjadi badan yang bisa mempercepat pusat-pusat ekonomi baru di desa. Itu harus ada pemetaan potensi ekonomi apa saja yang bisa dikembangkan melalui BUMDes di masing-masing desa,” jelas Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tandjung, dalam siaran pers diterima Nalar.ID

Ia berharap,  perkembangan BUMDes terus dipantau agar keberadaannya mampu membawa perubahan signifikan bagi kesejahteraan masyarakat desa. Jangan sampai, BUMDes tak terkelola baik, bahkan menjadi sumber penyelewengan aparatur desa.

“BUMDes jangan jadi sesuatu yang tidak termonitor dan tidak terkonsep dengan baik. Akhirnya, jadi institusi yang sia-sia. Kita iingin BUMDes diterima oleh pemerintah desa dengan melibatkan masyarakat untuk kemudian menjadi pusat ekonomi baru di desa,” tutupnya.

Editor: Radinka Ezar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi